News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Di Tengah Retaknya Hubungan Tentara Rusia dan Wagner, Kiev Berusaha Ambi Alih Bakhmut

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rekaman udara selebaran tak bertanggal ini dirilis pada 21 Mei 2023, oleh layanan pers Brigade Mekanik Kholodnyi Yar ke-93 dari Angkatan Bersenjata Ukraina menunjukkan sebuah blok apartemen terbakar di kota Bakhmut, wilayah Donetsk, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

TRIBUNNEWS.COM – Ukraina akan mengambil keuntungan di tengah retaknya hubungan antara Angkatan Bersenjata Rusia dengan tentara bayaran PMC Wagner.

Di tengah kondisi tersebut, pasukan Volodymyr Zelensky memusatkan upaya untuk merebut kembali Kota Bkahmut atau oleh Rusia dissebut Artyomovsk di Donbass.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, unit-unit Ukraina “mengambil keuntungan dari provokasi Prigozhin yang bertujuan mengacaukan situasi.”

Baca juga: Bos Wagner: Petinggi Rusia Bohongi Vladimir Putin soal Kemajuan di Ukraina

“Prajurit dari kelompok Selatan menekan musuh dengan serangan artileri dan penerbangan,” tambah pernyataan itu.

Pada hari Jumat, kementerian menolak klaim yang dibuat oleh kepala PMC Wagner Yevgeny Prigozhin tentang serangan roket di salah satu pangkalan perusahaan dari wilayah Rusia.

“Semua pesan dan video yang didistribusikan di jejaring sosial atas nama Prigozhin tentang dugaan serangan oleh [militer Rusia] di kamp-kamp PMC Wagner di area belakang tidak sesuai dengan kenyataan dan merupakan provokasi informasi,” kementerian tersebut kata dalam sebuah pernyataan.

Menyusul pernyataan Prigozhin, Dinas Keamanan Federal (FSB) membuka penyelidikan kriminal atas seruannya untuk melakukan pemberontakan bersenjata.

Pada 20 Mei, Prigozhin mengumumkan bahwa operasi untuk merebut Artyomovsk, yang dipelopori oleh Wagner, telah berakhir dan kota itu telah "direbut sepenuhnya". Pertempuran untuk pusat logistik utama telah diperjuangkan selama 224 hari.

Kementerian Pertahanan Rusia kemudian mengkonfirmasi pada hari yang sama bahwa kota itu telah direbut, dengan Presiden Vladimir Putin memberi selamat kepada prajurit Wagner dan pasukan militer reguler Rusia atas keberhasilan mereka.

Yevgeny Prigozhin, kepala perusahaan militer swasta Grup Wagner, sedang diselidiki karena diduga menganjurkan pemberontakan terhadap pemerintah, kata komite anti-terorisme Rusia pada hari Jumat.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-484: Vladimir Putin Klaim Kyiv Derita Kerugian Besar

“Semua klaim Prigozhin sama sekali tidak berdasar," kata badan itu dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Layanan Keamanan Federal (FSB) telah membuka penyelidikan kriminal karena menyerukan pemberontakan bersenjata.

“Kami menuntut segera diakhirinya semua aktivitas ilegal,” kata komite anti-terorisme.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia menuduh Prigozhin menyebarkan kebohongan atas video yang beredar di media sosial yang mengklaim militer Rusia telah menyerang pangkalan pejuang Wagner.

“Sejumlah besar pejuang kami tewas. Kami akan memutuskan bagaimana kami akan menanggapi kekejaman ini. Langkah selanjutnya adalah milik kita,” kata Prigozhin dalam sebuah pernyataan mengomentari dugaan serangan itu.

Baca juga: Kementerian Pertahanan Jadi Tuan Rumah ASPC 2023, Delegasi AS, Rusia, China, Hingga Uni Eropa Hadir

Dia kemudian bersumpah untuk berbaris di Moskow dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab, memperingatkan militer untuk tidak menghalanginya.

Kementerian Pertahanan menggambarkan klaim Prigozhin sebagai "provokasi informasional" dan mengatakan militer Rusia bertempur di garis depan melawan pasukan Ukraina.

Kantor Kejaksaan Agung mengatakan bahwa “kejahatan ini dapat dihukum penjara selama 12 sampai 20 tahun.”

Menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Presiden Rusia Vladimir Putin telah diberi pengarahan tentang situasi yang melibatkan Prigozhin dan Wagner, dan "semua tindakan yang diperlukan" sedang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini