News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dua Heli Militer Belarusia Terobos Wilayah Udara Polandia, Warsawa Kirim Pasukan ke Perbatasan

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi - Dua heli Belarusia masuk ke wilayah udara Polandia.

TRIBUNNEWS.COM, WARSAWA - Kementerian Pertahanan Polandia mendeteksi keberadaan dua helikopter Belarusia di teritorial mereka.

Kedua heli tersebut melanggar wilayah udara Polandia saat sedang melakukan latihan di perbatasan kedua negara tersebut, Selasa 1 Agustus 2023 kemarin.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip The Guardian, Kementerian Pertahanan Polandia mengatakan kuasa usaha Belarus akan dipanggil ke Kementerian Luar Negeri Polandia untuk menjelaskan keadaan insiden tersebut.

Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengadakan rapat dengan Komite Urusan Keamanan dan Pertahanan Nasional untuk membahas masalah tersebut dan kemudian memerintahkan peningkatan jumlah tentara di perbatasan.

Dia juga mengalokasikan sumber daya tambahan, termasuk helikopter tempur.

Pernyataan itu menambahkan bahwa NATO telah diberitahu tentang insiden itu.

Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan tuduhan pelanggaran wilayah udara oleh dua helikopter militer Belarusia itu dibuat-buat.

Kementerian mengatakan di Telegram bahwa mereka dibuat oleh kepemimpinan militer-politik Polandia "untuk membenarkan peningkatan pasukan dan sumber daya di dekat perbatasan Belarusia."

Polandia, Lituania, dan negara-negara lain di sayap timur NATO telah menyuarakan keprihatinan tentang potensi ancaman dari Belarusia, yang sekarang menampung ribuan tentara yang tergabung dalam kelompok tentara bayaran Wagner.

Tentara bayaran yang terkait dengan Rusia tiba di Belarusia setelah kelompok itu melakukan pemberontakan singkat di Rusia pada akhir Juni.

Pasukan Wagner, yang memainkan peran kunci dalam invasi Rusia ke Ukraina, pekan lalu mulai melatih unit mekanik militer Belarusia, kata Kementerian Pertahanan pada 30 Juli.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan pada 29 Juli bahwa sekelompok "100 tentara bayaran Wagner" di Belarus telah bergerak lebih dekat ke perbatasan Polandia, menyebutnya sebagai "langkah menuju serangan hibrida lebih lanjut di wilayah Polandia."

Kirim pasukan ke Perbatasan

Otoritas di Warsawa sendiri telah mengirim pasukan ke perbatasan timurnya menyusul insiden masuknya dua helikopter Belarusia.

"NATO telah diberitahu soal pergeseran pasukan ke perbatasan. Kami mengirim tentara dan sejumlah alutsista termasuk helikopter tempur."

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini