News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Militer Ukraina: Tentara Rusia Kehabisan Napas di Avdiivka, Moskow Kalah Telak

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebuah lapis baja Rusia BTR-50 era Soviet tampak hancur di Avdiivka, sebuah kota yang terletak di Oblast Donetsk, Ukraina timur.

Ukraina: Tentara Rusia Kehabisan Napas di Avdiivka, Moskow Kalah Telak

TRIBUNNEWS.COM - Militer Ukraina melaporkan, intensitas gempuran Pasukan Rusia di garis depan, Kota Avdiivka, sudah jauh berkurang.

Laporan pada Rabu (18/10/2023) itu muncul di tengah ulasan analis yang mendokumentasikan kerugian besar yang dialami Rusia dalam upaya besarnya untuk merebut benteng di wilayah Donetsk tersebut.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina sebelumnya melaporkan, setidaknya ada 15 atau lebih serangan Rusia setiap hari di Avdiivka sejak pasukan Rusia mendekati kota industri tersebut pekan lalu.

Baca juga: Jet Bomber Rusia Jatuh di Dekat Luhansk, Moskow Sudah Kehilangan 20 Jet Tempur Su-34 Sejak Invasi

Staf umum mengatakan tentara Ukraina melawan 10 serangan Rusia pada Selasa dan lima serangan pada Rabu.

Kepala administrasi militer Avdiivka, Vitaly Barabash, mengatakan jeda tersebut menunjukkan kalau intensitas gempuran pasukan Moskow memang berkurang drastis.

Dia menyebut hal itu sebagai tanda kalau tentara Rusia “kehabisan napas” dan “situasi telah stabil.”

“Tetapi ini belum berakhir,” kata Barabash kepada televisi Ukraina.

“Penembakan dan tembakan senjata kecil terus berlanjut sepanjang waktu, sehingga situasinya masih sangat panas.”

“Saya dapat mengatakan dengan pasti bahwa ini adalah serangan terbesar yang pernah dilancarkan terhadap Avdiivka sejak perang dimulai pada tahun 2014,” katanya.

Baca juga: Dikirim ke Medan Perang Pakai Lapis Baja Butut Soviet, Tubuh Tentara Rusia Berserakan di Avdiivka

Sebuah tank hancur difoto di desa Tsubivka, wilayah Kharkiv, pada 1 Maret 2023. Rusia dilaporkan kehilangan puluhan kendaraan militer selama dua hari serangan Avdiivka. (Tangkap Layar/NW/GI)

Moskow Kalah Telak dalam Pertempuran Avdiivka

Sejumlah laporan juga mengindikasikan kalau Rusia menderita banyak kerugian dalam upaya mereka merebut kembali Avdiivka. 

"Rusia telah kehilangan peralatan militer lima kali lebih banyak dibandingkan Ukraina dalam serangan selama seminggu di Avdiivka," kata outlet investigasi Rusia Agentstvo pada hari Selasa, mengutip proyek sumber terbuka Oryx.

Tanda-tanda lain, Presiden Vladimir Putin pada Minggu mengatakan operasi militer berubah dari ofensif menjadi berstatus “pertahanan aktif” di Avdiivka.

Pernyataan Putin itu banyak ditafsirkan sebagai upaya untuk meredam ekspektasi akan kemajuan besar Rusia di wilayah tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini