News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Kali Keempat WHO Batalkan Pengiriman Pasokan Medis ke Gaza Karena Kondisi Tak Aman

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ahli bedah mengoperasi seorang pasien di ruang operasi di Rumah Sakit Eropa di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada 31 Desember 2023 di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas.

TRIBUNNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pihaknya terpaksa membatalkan misi mengirimkan pasokan medis ke Gaza utara pada hari Minggu (7/1/2024), hal ini lantaran masalah jaminan keamanan.

Ini adalah keempat kalinya WHO membatalkan misi yang direncanakan untuk membawa pasokan medis yang sangat dibutuhkan ke Rumah Sakit Al-Awda dan toko obat pusat di Gaza utara sejak 26 Desember.

“Sekarang sudah 12 hari sejak kami terakhir kali mencapai Gaza utara,” tulis kantor WHO di wilayah pendudukan Palestina di platform media sosial X.

“Pemboman besar-besaran, pembatasan pergerakan, dan gangguan komunikasi membuat hampir tidak mungkin mengirimkan pasokan medis secara teratur dan aman ke seluruh Gaza, khususnya di wilayah utara.” dikutip dari Al Arabiya.

Pengiriman yang direncanakan pada hari Minggu, kata WHO, dirancang untuk menopang operasional lima rumah sakit di bagian utara wilayah kantong tersebut.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia 'terkejut dengan besarnya kebutuhan kesehatan dan kehancuran di Gaza utara.'

“Penundaan lebih lanjut akan menyebabkan lebih banyak kematian dan penderitaan bagi banyak orang,” tulisnya di X.

Dalam komentar terpisah, kelompok bantuan Komite Penyelamatan Internasional mengatakan tim medis daruratnya dan badan amal Bantuan Medis untuk Palestina terpaksa mundur dan menghentikan aktivitasnya di Rumah Sakit Al Aqsa di Wilayah Tengah Gaza.

Hal itu karena meningkatnya aktivitas militer Israel di wilayah tersebut.

Sementara itu, B'Tselem, Pusat Informasi Hak Asasi Manusia Israel di Wilayah Pendudukan, mengatakan kelaparan yang dialami masyarakat di Gaza “bukan merupakan produk sampingan dari perang namun merupakan akibat langsung dari kebijakan yang diumumkan Israel”.

“Gambaran anak-anak yang mengemis makanan, orang-orang yang mengantri panjang untuk mendapatkan bantuan, dan warga yang kelaparan mencari truk bantuan sudah tidak bisa dibayangkan."

Baca juga: Siap Masuki Fase Ke-3 Perang, Israel Ancam Hizbullah: Kehancuran Gaza Bisa Ditempel ke Lebanon

"Kengerian semakin bertambah dari waktu ke waktu, dan bahaya kelaparan semakin nyata. Namun, Israel tetap mempertahankan kebijakannya.”

Mengubah kebijakan ini, kata organisasi tersebut, bukan hanya kewajiban moral tetapi juga persyaratan berdasarkan hukum humaniter internasional.

“Kelaparan sebagai metode peperangan dilarang, dan ketika penduduk sipil tidak mempunyai apa yang mereka perlukan untuk bertahan hidup, pihak-pihak yang berkonflik mempunyai kewajiban positif untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan, termasuk makanan, mengalir dengan cepat dan tanpa hambatan.”

Serangan Israel yang dilancarkan setelah serangan Hamas yang mematikan di Israel selatan pada 7 Oktober telah menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi.

Menyebabkan banyak rumah dan infrastruktur sipil hancur, dan menyebabkan kekurangan makanan, air dan obat-obatan.

(Tribunnews.com, Widya)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini