News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Digempur 36 Rudal AS dan Inggris, Houthi: Operasi Militer Kami Terus Berlanjut

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rudal jelajah Tomahawk buatan AS.

TRIBUNNEWS.COM -- Militan Houthi Yaman mengatakan segera membalas serangan yang sepadan atas apa yang dilakukan oleh AS dan Inggris.

Pejabat politik senior dan juru bicara Houthi, Mohammed al-Bukhaiti mengatakan Houthi bersiap menghadapi 'eskalasi dengan eskalasi'.

“Operasi militer kami melawan entitas Zionis akan terus berlanjut sampai agresi terhadap Gaza berhenti, tidak peduli berapa pun pengorbanan yang harus kami lakukan,” tulisnya di X.

Baca juga: Siasati Blokade Houthi di Laut Merah, Israel Gunakan Jalur Darat Angkut Barang Impor Via Yordania

Pernyataan itu dilakukan beberapa saat setelah dua negara Barat tersebut melakukan penembakan di belasan lokasi di Yaman Sabtu (3/2/2024).

AS dan Inggris telah melakukan serangkaian serangan gabungan yang diluncurkan dari udara dan laut terhadap setidaknya 36 sasaran di 13 lokasi di Yaman

Operasi gabungan tersebut dilakukan dengan rudal Tomahawk yang diluncurkan dari kapal Angkatan Laut AS, dan pesawat pembom tempur F/A-18 yang diluncurkan dari kapal induk USS Eisenhower.

Komando Pusat AS mengatakan serangan itu menargetkan “beberapa fasilitas penyimpanan bawah tanah, komando dan kendali, sistem rudal, lokasi penyimpanan dan operasi UAV, radar, dan helikopter.”

“Serangan ini dimaksudkan untuk melemahkan kemampuan Houthi yang digunakan untuk melanjutkan serangan mereka yang ceroboh dan melanggar hukum terhadap kapal-kapal AS dan Inggris serta pelayaran komersial internasional,” kata CENTCOM.

AS menyerang enam lokasi di Yaman, menyatakan bahwa lokasi tersebut berisi rudal jelajah Houthi yang akan diluncurkan ke kapal-kapal di Laut Merah, Komando Pusat AS melaporkan di X (sebelumnya Twitter).

Baca juga: Uni Eropa akan Luncurkan Misi Aspides di Laut Merah untuk Lindungi Kapal dari Serangan Houthi

Pemberontak Houthi di Yaman telah menyerang kapal-kapal di wilayah tersebut sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina sejak pecahnya konflik Israel-Hamas pada Oktober tahun lalu.

Awalnya hanya menargetkan kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel, Houthi kemudian mulai menyerang kapal-kapal milik AS dan Inggris, setelah koalisi melancarkan serangan terhadap Yaman.

Serangan terbaru pada hari Sabtu terjadi setelah serangkaian serangan udara di Irak dan Suriah pada hari Jumat ini.

Washington mengklaim pihaknya menargetkan anggota gerakan Perlawanan Islam dan milisi “yang didukung Iran” lainnya, sebagai tanggapan atas serangan pesawat tak berawak yang menewaskan tiga tentara AS di fasilitas militer di Yordania akhir pekan lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini