News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Iran Vs Israel

Pakar Perang: Iran Punya Rudal Canggih dan Tak Ditembakkan ke Israel, untuk Serangan di Masa Depan

Penulis: garudea prabawati
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebuah truk militer Iran membawa rudal selama parade militer sebagai bagian dari upacara memperingati hari tentara tahunan negara itu di Teheran pada 17 April 2024. (ATTA KENARE / AFP) Iran diyakini memiliki rudal yang lebih canggih hingga jangkauan 2.500 Km, Pakar Perang sebut rudal itu tak ditembakkan ke Israel.

TRIBUNNEWS.COM - Atau Fialkov, seorang peneliti yang berspesialisasi dalam perang dan terorisme Israel, mengkritisi soal serangan Iran ke Israel.

Fialkov menyebutkan soal senjata-senjata yang digunakan Iran untuk menyerang ke Israel.

Menurut laporan yang bersumber pada Fialkov, serangan balasan Iran terdiri dari 185 rudal anti-pesawat Shahad 136, bersama dengan varian jet Shahad 238 yang mampu mencapai kecepatan hingga 500 km/jam.

Selain itu, Iran dilaporkan meluncurkan beberapa lusin rudal jelajah dan sekitar 110 rudal balistik.

Dengan sekitar setengahnya dianggap gagal mencapai target yang diinginkan di Israel, Irak, Suriah, dan Yordania, sehingga mengakibatkan korban jiwa, mengutip Palestine Chronicle.

Dalam laporan itu juga disebutkan setidaknya enam rudal dicegat oleh kapal perusak Amerika yang dilengkapi dengan sistem tempur anti-rudal Aegis, mirip dengan rudal Arrow.

Berbagai rudal balistik jarak jauh ditembakkan ke Israel dari beberapa lokasi peluncuran di Iran, meski tidak semua jenis rudal dikerahkan.

Di antara rudal yang digunakan adalah Khyber Neighbor, dengan jangkauan 1.450 km dan hulu ledak 500 kg

Dan Imad, yang diperkenalkan pada tahun 2016 dengan jangkauan sekitar 2.500 km dan hulu ledak 750 kg.

Selain itu, Kader 110, versi upgrade dari Shehab 3, juga digunakan, memiliki jangkauan 1.800-2.000 km dan hulu ledak mulai dari 650 kg hingga 1.000 kg.

Shehab 3B, dengan jangkauan 2.000 km dan hulu ledak 700 kg, kemungkinan juga digunakan.

Baca juga: Israel Dongkol ke China, Sentil Kemesraan Iran dan Tiongkok

Namun menurut Fialkov, Iran memiliki rudal yang lebih canggih seperti Sajil, dengan jangkauan 2.500 km dan hulu ledak 1.500 kg.

Selain itu ada Khoramshahr, dengan jangkauan 2.000 km dan hulu ledak 1.800 kg, tidak dikerahkan, dan tentara Iran mungkin menyimpannya untuk serangan di masa depan.

Dampak Perang Israel Vs Iran pada Maskapai Penerbangan

Dengan meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran, maskapai penerbangan internasional telah menyesuaikan rencana penerbangan mereka sebagai tindakan pencegahan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini