News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Hamas Masih Lanjutkan Perlawanan, Tembakkan 20 Roket dari Lebanon ke Israel Utara

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Roket yang ditembakkan dari Lebanon menghantam Kibbutz Hanita, Israel utara, pada 21 April 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Pejuang Hamas masih melanjutkan perlawanannya terhadap tentara pendudukan Israel di Gaza dengan menembakkan lebih dari 20 roket dari wilayah Lebanon ke Israel utara.

Mengutip Times of Israel, tidak ada laporan korban luka dalam serangan Hamas ke wilayah Kiryat Shmona di Israel Utara tersebut.

Kelompok teror Hamas cabang Lebanon meluncurkan rentetan puluhan roket ke Israel utara pada Senin pagi, ketika pertempuran di perbatasan terus berlanjut di tengah perang di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, Hamas yang berbasis di Gaza mengatakan mereka telah meluncurkan serangkaian roket dari Lebanon ke sebuah pangkalan militer dekat kota utara Kiryat Shmona.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel, sekitar 20 roket telah melintasi perbatasan dalam serangan tersebut. Sebagian besar proyektil berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome, sementara proyektil lainnya tampaknya menghantam area terbuka, katanya.

Sirene terdengar di Kiryat Shmona dan komunitas sekitarnya dalam serangan tersebut. Tidak ada kerusakan atau cedera yang dilaporkan.

IDF mengatakan pihaknya telah menembaki sumber api dengan artileri.

Cabang Hamas di Lebanon, yang mempertahankan kehadirannya di Lebanon di bawah perlindungan Hizbullah, telah mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan terhadap Israel utara di tengah perang.

Senin sebelumnya, IDF mengumumkan bahwa jet tempurnya menyerang posisi Hizbullah di Lebanon selatan semalam.

Lokasi tersebut termasuk infrastruktur di Jabal Blat, dan beberapa bangunan yang digunakan oleh kelompok teror di Marwahin, menurut militer.

Baca juga: Israel Hadapi Dilema, Invasi Darat ke Rafah Bisa Bunuh Semua Tahanan di Tangan Hamas

Sejak  8 Oktober 2023, pasukan pimpinan Hizbullah hampir setiap hari menyerang komunitas dan pos militer Israel di sepanjang perbatasan, dan kelompok tersebut mengatakan bahwa mereka melakukan hal tersebut untuk mendukung Gaza di tengah perang di sana.

Israel mengancam akan berperang untuk memaksa Hizbullah menjauh dari perbatasan jika mereka tidak mundur dan terus mengancam masyarakat di wilayah utara, tempat sekitar 70.000 orang dievakuasi untuk menghindari pertempuran.

Baca juga: Lelah Berperang, Pasukan Terjun Payung Israel Membangkang, Tolak Perintah Invasi Darat ke Rafah

Hizbullah menegaskan pihaknya tidak akan melakukan diskusi konkrit apa pun dengan Israel sampai ada gencatan senjata di Gaza, di mana perang antara Israel dan Hamas telah memasuki bulan ketujuh.

Pada hari Senin, surat kabar al-Akhbar yang terkait dengan Hizbullah melaporkan bahwa Prancis telah menghapus ketentuan yang menyerukan kelompok teror tersebut untuk mundur ke belakang Sungai Litani dalam garis besarnya untuk mengakhiri pertempuran di utara.

Mengutip sumber informasi, laporan tersebut mengatakan bahwa proposal baru yang diajukan oleh Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne pada hari Minggu di Beirut menyerukan “reposisi” pasukan Hizbullah, tanpa menyebutkan lokasinya.

Proposal baru tersebut juga mencakup gencatan senjata sejalan dengan Resolusi 1701 Dewan Keamanan PBB, yang mengakhiri Perang Lebanon Kedua tahun 2006, memastikan kembalinya penduduk kedua belah pihak yang tinggal di sepanjang perbatasan, dan pengerahan 15.000 tentara Lebanon yang didukung dengan “peralatan yang memadai ” di selatan Litani, kata laporan itu.

Kemudian, perundingan akan diluncurkan mengenai demarkasi perbatasan antara Israel dan Lebanon dan pembentukan sebuah komite untuk mengawasi pengaturan tersebut.
Resolusi 1701 menuntut Hizbullah menarik pasukannya di utara Litani, sebuah ketentuan yang diabaikan oleh perwakilan Iran.

Pertempuran yang sedang berlangsung di perbatasan telah mengakibatkan sembilan kematian warga sipil di pihak Israel, serta kematian 11 tentara dan cadangan IDF. Ada juga beberapa serangan dari Suriah, tanpa ada korban jiwa.

Hizbullah telah menyebutkan 289 anggotanya yang dibunuh oleh Israel selama pertempuran yang sedang berlangsung, sebagian besar di Lebanon tetapi beberapa juga di Suriah. Di Lebanon, 56 anggota kelompok teror lain, seorang tentara Lebanon, dan sedikitnya 60 warga sipil, tiga di antaranya adalah jurnalis, tewas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini