News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Al-Qassam Pimpin Pertempuran Hadapi Pasukan Israel di Rafah, Tembaki IDF Tanpa Ampun

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas, yang bertopeng, berbaris dalam unjuk rasa di Kota Gaza pada 20 Juli 2022. - Brigade Al-Qassam memimpin perlawanan menghadapi pasukan Israel di Rafah.

TRIBUNNEWS.com - Laporan terbaru mengatakan pertempuran sengit antara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan faksi-faksi perlawanan Palestina terjadi di sejumlah wilayah, yaitu Jabalia dan Zaytoun di Gaza utara, serta Rafah di Gaza selatan.

Sesekali pertempuran juga terjadi di daerah Muhraqa di Gaza tengah.

Dikutip dari Palestine Chronicle, kelompok sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, memimpin perlawanan di wilayah Rafah.

Al-Qassam melaporkan pejuangnya menembaki pasukan Israel yang telah mengambil alih penyeberangan Rafah menggunakan mortir, tanpa ampun.

Tak hanya itu, Al-Qassam juga mengumumkan mereka berhasil menargetkan kendaraan pengangkut IDF dan tank Israel menggunakan dua perangkat Shawaz di lingkungan Al-Salam bagian timur Rafah.

Sebuah rumah di George Street, yang sebelumnya menjadi jebakan, turut diledakkan Al-Qassam dan mengakibatkan seorang tentara Israel tewas.

Laporan terbaru pada Selasa (14/5/2024), mengatakan operasi militer di Rafah telah meluas hingga mencapai George Street, tempat sebagian besar bentrokan terjadi.

Sementara itu, IDF dilaporkan tengah berusaha memasuki lingkungan Al-Zaytoun yang kini dikuasai kelompok perlawanan Palestina.

Warga Palestina mengatakan mereka juga ikut turun menargetkan beberapa kendaraan militer Israel dan menembaki IDF di antara Jalan N° 8 dan Jalan N° 10, yang terletak di perbatasan tenggara kamp.

Daerah bentrokan lainnya termasuk Juhr Al-Deek, di timur Gaza, dan tidak jauh dari pagar yang memisahkan Gaza dari Israel.

Selain Rafah dan Zaytoun, Jabalia turut menjadi wilayah yang terus-menerus diserang oleh Israel.

Baca juga: Pasukan Israel Masuk Jebakan Al-Quds di Jabalia, Tewas Diserang dari Dekat, IDF di Rafah Jadi Target

Di Jabalia, pasukan Israel melanjutkan upaya mereka untuk menembus kamp tersebut.

Tentara-tentara IDF melancarkan serangan dari timur Gaza, bergerak dalam garis melengkung, dan menyerang kamp Jabalia dari dua arah berbeda, selatan dan timur.

Pertempuran paling sengit saat ini terjadi di wilayah yang dikenal sebagai sekolah kamp pengungsi Jabalia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini