News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-841: Rudal Balistik Hantam Kota Kryvyi Rih, 9 Orang Tewas

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serangan rudal balistik Rusia menghantam kota Kryvyi Rih di Ukraina selatan pada hari Rabu (12/6/2024). Sembilan orang tewas dan 29 orang lainnya terluka, di antaranya termasuk lima anak-anak.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa terbaru yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina.

Perang Rusia-Ukraina kini telah memasuki hari ke-841 pada Kamis (13/6/2024).

Serangan rudal balistik Rusia menghantam Kota Kryvyi Rih di Ukraina selatan pada hari Rabu (12/6/2024).

Menteri Dalam Negeri Ihor Klymenko mengatakan sembilan orang tewas dan 29 orang lainnya terluka, di antaranya termasuk lima anak-anak.

"Serangan (ini) paling mematikan dalam beberapa minggu ini merusak gedung administrasi dan blok apartemen," kata komando militer Ukraina melalui aplikasi pesan Telegram.

Selengkapnya, simak peristiwa lainnya berikut ini.

1. Sanksi baru Amerika Serikat (AS) terhadap Rusia memaksa penghetian segera perdagangan Dolar dan Euro di pasar keuangan terkemuka, Bursa Moskow.

Bursa dan bank sentral segera mengeluarkan pernyataan selang waktu satu jam setelah Washington mengumumkan babak baru sanksi.

Sanksi dijatuhkan dengan tujuan untuk memotong aliran uang dan barang untuk mempertahankan perang Rusia di Ukraina.

2. Invasi Rusia ke Ukraina secara langsung menyebabkan, atau membuka jalan bagi, emisi 175 juta ton karbon dioksida (CO2) ke atmosfer, menurut sebuah laporan, yang diterbitkan Kementerian lingkungan hidup Ukraina dan LSM iklim.

3. Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak akan mengumumkan bantuan bilateral hingga £242 juta ($309,69 juta) kepada Ukraina saat pertemuan KTT G7.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-840: Deplu AS Sebut Tak Ada Bukti Pelanggaran HAM Berat Brigade Azov

“Kita harus tegas dan kreatif dalam upaya kita mendukung Ukraina dan mengakhiri perang ilegal Putin pada saat kritis ini,” kata Sunak menjelang pertemuan puncak.

4. Armada kapal perang Rusia tiba di Teluk Havana pada hari Rabu (12/6/2024), dalam kunjungan yang dipandang sebagai unjuk kekuatan di tengah ketegangan dengan negara barat mengenai dukungan terhadap Ukraina.

Empat kapal, termasuk kapal selam bertenaga nuklir Kazan dan fregat Laksamana Gorshkov, memasuki Teluk Havana, di mana mereka memberikan penghormatan 21 senjata sebagai balasan dari pertempuran di La Cabaña, benteng tempat Che Guevara pernah berkantor.

5. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dalam kunjungan mendadak ke Arab Saudi pada hari Rabu (12/6/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini