News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

UEA dan Mesir Bersedia Bergabung dengan Pasukan Keamanan Pascaperang yang didukung AS di Gaza

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tentara Mesir mengendarai kendaraan tempur infanteri (IFV) yang dikerahkan di dekat Perbatasan Rafah sisi Mesir dengan Jalur Gaza pada 23 Maret 2024.

UEA dan Mesir Bersedia Bergabung dengan Pasukan Keamanan Pascaperang yang didukung AS di Gaza

TRIBUNNEWS.COM- UEA dan Mesir bersedia bergabung dengan ‘pasukan keamanan pascaperang’ yang didukung AS di Gaza.

Kedua negara Arab tersebut dikatakan memiliki syarat untuk bergabung dengan pasukan yang didukung AS, termasuk pembentukan jalan menuju negara Palestina.

UEA dan Mesir telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan pasukan keamanan Gaza pascaperang untuk menangani urusan di jalur tersebut setelah pertempuran berakhir, Times of Israel melaporkan pada 27 Juni.

Para pejabat mengatakan kepada media Israel bahwa Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, selama perjalanan ke Qatar, Mesir, Israel, dan Yordania dua minggu lalu, memberi tahu lawan bicaranya bahwa AS telah membuat kemajuan dalam masalah ini, menerima dukungan dari Kairo dan Abu Dhabi untuk upaya penciptaan kekuatan yang akan bekerja sama dengan petugas Palestina setempat.

Para pejabat mengatakan bahwa UEA dan Mesir memiliki syarat untuk terlibat dalam inisiatif tersebut.
Hal ini termasuk tuntutan agar proyek tersebut dikaitkan dengan pembentukan jalan menuju negara Palestina.

Sumber ketiga yang mengetahui hal tersebut mengatakan bahwa Kairo menuntut penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza.

Laporan tersebut mengutip seorang pejabat Arab yang mengatakan bahwa UEA menuntut keterlibatan AS dalam pasukan keamanan Gaza pascaperang.

“Blinken mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa AS akan membantu membentuk dan melatih pasukan keamanan dan memastikan bahwa mereka akan memiliki mandat sementara, sehingga pada akhirnya dapat digantikan oleh badan Palestina sepenuhnya,” kata sumber ketiga.

“Tujuannya adalah agar Otoritas Palestina pada akhirnya mengambil alih Gaza,” yang secara efektif menyatukan kembali jalur tersebut dengan Tepi Barat yang diduduki, sesuatu yang dipandang sebagai langkah penting menuju solusi dua negara – yang ditolak sepenuhnya oleh Benjamin Netanyahu.

Sumber itu menambahkan bahwa tidak ada tentara AS yang akan berkontribusi pada pasukan tersebut.

Selama konferensi pers di ibu kota Qatar, Doha, awal bulan ini, Blinken mengatakan Washington akan mengungkap proposal untuk “hari setelahnya” di Gaza dalam beberapa minggu mendatang, termasuk gagasan untuk mengelola administrasi, keamanan, dan rekonstruksi jalur tersebut.

“AS sedang mengerjakan tiga catatan konsep untuk masing-masing masalah tersebut, dan menambahkan bahwa Washington berharap Arab Saudi akan memimpin upaya rekonstruksi,” kata para pejabat yang dikutip oleh Times of Israel.

Blinken secara pribadi mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa tujuannya adalah untuk membentuk pemerintahan transisi di Gaza, yang akan bekerja sama dengan negara-negara di kawasan tersebut, tambah mereka.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini