News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Presiden Erdogan Desak Israel untuk Setop Serangan ke Gaza, 'Akhiri Pembantaian Tidak Manusiawi ini'

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengenakan syal dengan bendera Turki dan Palestina saat ia berpidato di rapat umum yang diselenggarakan oleh partai AKP dalam solidaritas dengan rakyat Palestina di Gaza, di Istanbul pada 28 Oktober 2023.

Presiden Erdogan Desak Israel untuk Setop Serangan ke Gaza, 'Akhiri Pembantaian Tidak Manusiawi ini'

TRIBUNNEWS.COM- 'Akhiri pembantaian tidak manusiawi ini' kata Presiden Erdogan mendesak Israel untuk menghentikan serangan terhadap Gaza.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Minggu mengkritik tindakan Israel di wilayah tersebut, mendesaknya untuk menghentikan serangan “tidak manusiawi” di Gaza, Anadolu Agency melaporkan.

“Israel harus berhenti melanjutkan pembantaian ini dan mengakhiri serangan tidak manusiawi ini,” kata Presiden Erdogan kepada wartawan dalam penerbangan pulang dari Jerman.

“Sampai saat ini, Israellah yang bersikeras melakukan serangan dan terus melakukan pembantaian. Israellah yang menginjak-injak hak asasi manusia dan hukum internasional,” tambahnya.

Erdogan juga menyatakan keprihatinannya atas ambisi regional Israel, dengan menyatakan: “Mereka (para pemimpin Israel) mengancam Lebanon untuk buang air. Israel harus membatalkan niatnya untuk menyebarkan konflik di wilayah tersebut.”

Beralih ke hubungan Turki dengan Suriah, Erdogan juga mengisyaratkan potensi mencairnya hubungan tersebut.

“Saat Bashar al-Assad mengambil langkah menuju peningkatan hubungan dengan Turki, kami akan membalas pendekatan tersebut,” katanya, menekankan kesediaan untuk memperbaiki hubungan.

Dia lebih lanjut mencatat: “Kami akan menyampaikan undangan kepada Assad. Kami ingin membawa hubungan Turki-Suriah kembali ke titik yang sama seperti di masa lalu.”

Mengenai hubungan dengan Iran, Erdogan menggarisbawahi pentingnya ikatan sejarah dan budaya antara kedua negara.

“Iran adalah tetangga penting yang memiliki ikatan sejarah dan budaya dengan kita. Saya berharap hubungan Turki-Iran akan berkembang ke arah positif di periode baru ini,” ujarnya.

Erdogan juga menyoroti kemitraan strategis dengan Inggris, dan berjanji untuk memperkuatnya lebih lanjut. “Kami akan terus meningkatkan hubungan dengan sekutu kami Inggris di segala bidang di periode baru,” tegasnya.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini