News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Mengizinkan PBB Mendatangkan Lebih Banyak Peralatan di Tengah Pelanggaran Hukum di Gaza

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebuah gerobak keledai yang membawa anak-anak Palestina, dikemudikan di sepanjang jalan yang tertutup debu dan kotoran dari bangunan yang hancur setelah militer Israel mundur setelah serangan dua minggu dari lingkungan Shujaiya, sebelah timur Kota Gaza pada 11 Juli 2024, di tengah serangan yang sedang berlangsung. konflik antara Israel dan kelompok militan Hamas. - Badan pertahanan sipil di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan pada 11 Juli, bahwa sekitar 60 mayat telah ditemukan di distrik Shujaiya Kota Gaza, yang hancur akibat serangan Israel selama dua minggu. Israel pada Rabu mengatakan pihaknya telah mengakhiri operasinya terhadap militan Hamas di distrik tersebut. (Photo by Omar AL-QATTAA / AFP)

Israel Mengizinkan PBB Mendatangkan Lebih Banyak Peralatan di Tengah Pelanggaran Hukum di Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Israel mengizinkan PBB untuk mendatangkan lebih banyak peralatan di tengah pelanggaran hukum di Gaza.

PBB mengatakan, pada hari Senin, bahwa mereka akan mulai mendatangkan lebih banyak kendaraan lapis baja dan peralatan perlindungan pribadi untuk operasi bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza setelah mendapat persetujuan dari otoritas Israel, lapor Reuters.

Persetujuan tersebut merupakan tanggapan terhadap surat PBB yang dikirim ke Israel bulan lalu mengenai keselamatan dan keamanan di Gaza, kata Scott Anderson, wakil Koordinator Kemanusiaan untuk Wilayah Pendudukan Palestina, ketika perang antara Israel dan Hamas Palestina memasuki bulan kesepuluh dan hukum serta ketertiban telah rusak.

PBB telah lama mengeluhkan hambatan dalam menyalurkan bantuan ke Gaza – Israel memeriksa dan menyetujui semua truk – dan mengatakan bahwa mereka juga kesulitan untuk mendistribusikan bantuan di tengah “pelanggaran hukum total” di wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang, seperti yang dikatakan oleh lembaga pemantau kelaparan global bulan lalu. ada risiko kelaparan yang tinggi.

Anderson mengatakan PBB akan mulai mengirim lebih banyak kendaraan lapis baja dan peralatan perlindungan ke Gaza pada hari Selasa.

“Beberapa peralatan komunikasi juga telah disetujui,” katanya kepada wartawan, seperti radio genggam, namun menambahkan bahwa diskusi masih berlanjut mengenai permintaan PBB untuk akses internet yang stabil.

PBB mengatakan pihaknya menginginkan komunikasi yang tidak bergantung pada menara telepon seluler karena tidak dapat diandalkan. Namun, pihak berwenang Israel memiliki kekhawatiran keamanan mengenai apa yang bisa dilakukan Hamas jika mereka mengakses layanan internet satelit.

Anderson mengatakan PBB perlu memberikan bantuan dalam jumlah dan kualitas yang tepat, namun ada beberapa faktor yang “terus menghalangi kami”.

Ia menyebutkan permasalahan-permasalahan yang ada, termasuk pembatasan pergerakan, keselamatan pekerja bantuan, jam kerja yang tidak dapat diprediksi, tantangan komunikasi dan kekurangan bahan bakar.

“Dan kita telah melihat pelanggaran total terhadap hukum dan ketertiban dan pada dasarnya kita telah melihat kelompok kejahatan apa yang menghalangi pergerakan bebas bantuan ke Gaza untuk membantu masyarakat,” katanya.

“Supir truk yang kami gunakan sering kali diancam atau diserang… Dapat dimengerti bahwa mereka semakin tidak bersedia untuk memindahkan bantuan dari perbatasan ke gudang kami dan kemudian ke orang-orang yang membutuhkan,” kata Anderson.

Dia mengatakan PBB mengirimkan antara 25 dan 70 truk bantuan setiap hari ke Gaza utara, namun tidak ada akses komersial.

Anderson mengatakan di Gaza selatan “kami hampir tidak mampu menabrak 100 truk pada hari yang baik selama seminggu terakhir karena masalah hukum dan ketertiban”,

namun pengiriman komersial berjalan sedikit lebih baik “tetapi pada dasarnya mereka membayar uang perlindungan kepada para korban. keluarga di selatan dan mereka juga memiliki penjaga bersenjata”.

Pejabat bantuan mengatakan sekitar 600 truk bantuan kemanusiaan dan komersial dibutuhkan di Gaza setiap hari untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

Dia mengatakan PBB sedang “berbicara dengan semua orang tentang upaya membentuk semacam kepolisian” dan, sementara itu, bekerja sama dengan keluarga-keluarga yang menghambat pengiriman bantuan untuk mencoba mengatasi masalah tersebut.

“Ada beberapa keluarga yang mencoba memanfaatkan peluang ini dan itulah sebabnya saya yakin jika polisi kembali bekerja maka mereka dapat mengatasi masalah ini,” kata Anderson.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini