News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Peringati Hari Kemerdekaan Ukraina, Zelensky: 'Perang Telah Berbalik ke Rusia'

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

TRIBUNNEWS.COM -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa saat ini perang telah berbalik ke Rusia.

Zelensky mengatakan hal itu dalam pidato video Hari Kemerdekaan Ukraina yang katanya direkam dari tempat Kyiv melancarkan serangan mendadak ke Rusia.

"Rusia ingin menghancurkan Ukraina, tetapi perang telah kembali ke rumahnya," kata Zelensky, Sabtu (24/8/2024).

Baca juga: 6 Fakta Pengakuan Ukraina Pakai Senjata Barat Buat Hancurkan Jembatan di Rusia

Pada hari kemerdekaan, pasukan Ukraina melancarkan serangan di wilayah Kursk Rusia dan Moskow mengincar lebih banyak kota Ukraina timur.

Zelensky menerbitkan video dari daerah hutan yang sepi di wilayah Sumy, yang dikunjunginya awal minggu ini, dengan mengatakan bahwa itu adalah "beberapa kilometer" dari tempat pasukan Ukraina mengejutkan dunia pada tanggal 6 Agustus dengan menyeberang ke Rusia.

Ia mengatakan Kiev mengejutkan sekali lagi dan bersumpah bahwa Rusia akan tahu apa itu pembalasan.

"Rusia menginginkan satu hal: menghancurkan kita. Sebaliknya, hari ini kita merayakan Hari Kemerdekaan Ukraina yang ke-33. Dan apa yang dibawa musuh ke tanah kita kini telah kembali ke rumahnya,” ujar Zelensky.

“Siapa pun yang ingin menebar kejahatan di tanah kita akan menuai buahnya di wilayah mereka,” imbuhnya. “Ini bukan ramalan, bukan sok tahu, bukan balas dendam buta. Ini keadilan.”

Zelensky menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai “orang tua sakit dari Lapangan Merah yang terus-menerus mengancam semua orang dengan tombol merah.”

Untuk semua berita utama terbaru, ikuti saluran Google News kami secara daring atau melalui aplikasi.

Serangan Kursk Ukraina telah mengguncang Moskow, tetapi tidak memperlambat kemajuan Rusia di Ukraina timur atau Donbass.

Donbass Terus Digerogoti Rusia

Sementara itu berdasar keterangan dari publik militer Deep State, wilayah Donbass terus digerogoti oleh Rusia. Info terakhir, ke arah Pokrovsky, Rusia maju mendekati Novogrodovka, Zavetnoye, dan Ptichye.

Publik Rusia menulis bahwa Rusia menerobos ke pusat Grodovka dan mencoba melewatinya dari barat daya, menyerbu desa Krasny Yar. Rusia juga membuat kemajuan signifikan di sebelah timur Toretsk.

Selain itu, dilihat dari peta, pasukan Rusia telah memasuki kota - Deep State mencatat pergerakan garis depan ke kota pada 22 Agustus, meskipun militer Ukraina dan publik Rusia menulis bahwa ini terjadi lebih awal.

Pada saat yang sama, disebutkan bahwa pasukan Ukraina melakukan serangan balik lokal di selatan Svatovo - di wilayah desa Novovodanoye.

Namun, seperti yang dijelaskan oleh brigade penyerang ke-3, hal ini terjadi pada tanggal 15 Agustus.

Publik Rusia mengonfirmasi serangan tersebut, tetapi mengklaim bahwa tidak ada perubahan signifikan pada garis depan di arah Kharkov.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini