News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Hamas Mengatakan Tidak Ada Negosiasi Nyata untuk Dilaksanakannya Gencatan Senjata, Netanyahu Ogah

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petempur Brigade Al-Qassam, sayap Militer Hamas, dalam parade militer di Jalur Gaza.

Hamas Mengatakan Tidak Ada Negosiasi Nyata untuk Dilaksanakannya Gencatan Senjata

TRIBUNNEWS.COM- Seorang pejabat senior Hamas mengatakan bahwa tidak ada negosiasi nyata untuk kesepakatan gencatan senjata guna menghentikan perang di Gaza dan menukar tahanan dengan Israel.

Anggota biro politik yang bertanggung jawab atas berkas negosiasi, Khalil Al-Hayya, menambahkan bahwa gerakan tersebut siap untuk mencapai kesepakatan jika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menginginkannya.

Al-Hayya mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa Hamas bersikeras agar Israel menarik diri sepenuhnya dari Jalur Gaza, dan dari wilayah Philadelphia dan Netzarim, sebagai syarat untuk kesepakatan apa pun.

“Netanyahu mengatakan dengan jelas bahwa tidak akan ada penarikan diri dari Netzarim dan tidak ada penarikan diri dari Philadelphia, dan saya katakan di sini dengan jelas bahwa tanpa penarikan diri sepenuhnya dari Jalur Gaza, tidak akan ada kesepakatan.”

Ia mengklaim bahwa Netanyahu ingin perang terus berlanjut dan tidak ingin mencapai kesepakatan. “Itu karena kesepakatan itu memiliki harga yang nyata, dan ia tidak ingin membayar harga itu.”

Pejabat Hamas mengkritik persyaratan baru yang ditetapkan Netanyahu, dengan menunjukkan bahwa dalam proposal yang diajukannya kepada para mediator, ia ingin mendeportasi 50 tahanan Palestina yang menjalani hukuman seumur hidup setelah dibebaskan, tetapi setelah 2 Juli, jumlah tersebut dinaikkan menjadi 150.

Ia juga menjelaskan bahwa di antara persyaratan baru yang ditambahkan Netanyahu adalah tidak ada tahanan Palestina yang dijatuhi hukuman seumur hidup yang akan dibebaskan, bahkan jika mereka sakit atau lanjut usia, yang bertentangan dengan proposal Israel sebelumnya.

“Dalam setiap klausul, Netanyahu menetapkan syarat baru yang bertentangan dengan usulan yang telah ditetapkannya sendiri, termasuk Philadelphia dan Netzarim,” kata Al-Hayya.

“Kecuali jika tahanan Palestina dibebaskan, perang dihentikan, dan pendudukan Israel ditarik, khususnya dari Philadelphia, tidak akan ada kesepakatan.” Ia mencatat, kendala saat ini untuk mencapai kesepakatan sangat besar.

Ketika ditanya tentang enam tahanan Israel terakhir yang terbunuh, juru bicara Hamas menyalahkan negara pendudukan Israel.

“Enam tahanan dan tahanan lainnya bisa saja dibebaskan kepada keluarga mereka sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran yang sebenarnya saat mereka masih hidup, tetapi desakan tentara pendudukan dan pemerintah ekstremisnya adalah alasan mengapa orang-orang ini kehilangan nyawa bersama dengan puluhan orang yang terbunuh langsung oleh pemboman negara pendudukan, bersama dengan orang-orang yang duduk bersama mereka, menjaga mereka, dan tinggal bersama mereka.”

Al-Hayya menegaskan bahwa beberapa tahanan tewas "langsung oleh peluru tajam."

Ia menuduh pemerintah Israel tidak peduli dengan nasib para sandera dan mengutip pernyataan Netanyahu yang mengatakan bahwa poros Philadelphia lebih penting daripada para sandera, mengingat hal ini merupakan bukti kurangnya keseriusan Israel dalam mencapai kesepakatan pertukaran.

Berbagai kota di Israel telah menyaksikan demonstrasi menuntut pembebasan para sandera yang ditangkap oleh Hamas di Jalur Gaza, bertepatan dengan meningkatnya seruan untuk pemogokan umum.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini