News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Serang Lebanon dengan Bom Fosfor Putih, Smotrich: Akan Ada Perang

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Israel Serang Lebanon dengan Bom Fosfor Putih. Israel menargetkan Lebanon selatan dengan bom fosfor putih pada Jumat (6/9/2024), Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich ancam akan ada perang.

TRIBUNNEWS.COM - Ancaman Israel terhadap Lebanon kembali meningkat.

Israel menargetkan Lebanon selatan dengan bom fosfor putih pada Jumat (6/9/2024), lapor Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA).

"Wilayah antara Tal Nahas dan Al-Hamams menuju dataran Marjayoun menjadi sasaran penembakan artileri dengan peluru fosfor, yang menyebabkan kebakaran," kata NNA. 

Jet tempur Israel juga menyerang sebuah rumah di Kota Al-Dahaira pada hari itu juga.

Pagi hari sebelum agresi itu berlangsung, Hizbullah telah menargetkan situs militer Mayaan Baruch milik Israel dengan pesawat tanpa awak bunuh diri.

Pada Jumat (6/9/2024), militer Israel menyebut kalau Brigade Yiftah melakukan simulasi invasi darat ke Lebanon, bergerak di sepanjang “jalur pegunungan” dan “medan yang kompleks.” 

Peristiwa ini terjadi setelah Kamis (5/9/2024) kemarin, Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menyerukan eskalasi terhadap Lebanon.

“Kita sekarang membayar harga atas persepsi yang salah selama 30 tahun, karena tidak siap membayar harga perang, dan karena itu kita membuat monster teror di Gaza dan Lebanon semakin kuat, perang harus berakhir hanya ketika Hamas dan Hizbullah tidak ada lagi,” kata Smotrich. 

“Akan ada perang (dengan Lebanon), tidak ada pilihan. Akan ada harga yang harus dibayar dan akan menjadi rumit. Setelah 30 tahun, inilah saatnya untuk berubah,” imbuhnya.

Hizbullah membalas

Hizbullah melancarkan beberapa serangan terhadap lokasi-lokasi Israel pada 6 September, saat Israel menargetkan wilayah selatan Lebanon dengan peluru fosfor putih ilegal.

Baca juga: Bom Fosfor Putih Israel Bakar 1.250 Hektar Tanah Lebanon, Israel Terapkan Kebijakan Bumi Hangus

“Mujahidin Perlawanan Islam menargetkan, pada pukul 12:15 siang pada Jumat (6/9/2024), peralatan mata-mata di lokasi Metulla dengan senjata yang sesuai dan menyerangnya secara langsung,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan, menandai operasi kelimanya hari itu. 

Hizbullah juga menembakkan roket ke lokasi Ruwaisat al-Qarn dan menyerangnya secara langsung.

Perlawanan Lebanon menanggapi serangan Israel baru-baru ini terhadap desa-desa di Lebanon selatan dengan menargetkan “bangunan yang digunakan oleh tentara musuh di pemukiman Metulla.” 

Kerusakan parah terjadi pada bangunan di Metulla, dan kebakaran besar terjadi di sana. Petugas pemadam kebakaran Israel dikerahkan ke lokasi kejadian. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini