News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Tepis Rumor Miring, ICOM Klaim Sudah 10 Tahun Tak Produksi Walkie-Talkie yang Meledak di Lebanon

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ICOM mengatakan bahwa model walkie talkie miliknya dengan kode IC-V82 yang dikaitkan dengan ledakan di Lebanon telah lama dihentikan produksinya tepatnya sejak satu dekade lalu. Perusahaan juga mengklaim produksi baterai pada perangkat tersebut juga resmi dihentikan 10 silam .

TRIBUNNEWS.COM – Perusahaan Jepang, ICOM, menegaskan perangkat radio dua arah atau walkie-talkie yang meledak di berbagai wilayah Lebanon sudah tidak diproduksi lagi oleh sejak 10 tahun lalu.

Pernyataan itu dilontarkan ICOM setelah Lebanon diguncang ledakan akibat walkie-talkie berlabel "ICOM" meledak masal pada Kamis (19/9/2024).

ICOM mengatakan model walkie talkie miliknya dengan kode IC-V82 yang dikaitkan dengan ledakan di Lebanon telah lama dihentikan produksinya tepatnya sejak satu dekade lalu.

Perusahaan juga mengklaim produksi baterai pada perangkat tersebut juga resmi dihentikan 10 silam .

Mereka tidak bisa memastikan apakah walkie talkie tersebut palsu atau dikirim dari perusahaannya.

Namun, ICOM menjelaskan perusahaannya sempat menyuplai produk adio genggam itu ke wilayah ke Timur Tengah, dari tahun 2004 hingga Oktober 2014.

"IC-V82 merupakan radio genggam yang produksinya dihentikan sekitar 10 tahun lalu, dan sejak itu, tidak lagi dikirimkan dari perusahaan kami," tegas ICOM, dikutip dari Japan Times.

 "Produksi baterai yang diperlukan untuk mengoperasikan unit utama juga telah dihentikan, dan segel hologram untuk membedakan produk palsu tidak dipasang, sehingga tidak dapat dipastikan apakah produk tersebut dikirimkan dari perusahaan kami," jelas ICOM.

Ledakan Bom Guncang Lebanon

Dua hari terakhir, Lebanon dihebohkan dengan rentetan ledakan bom yang menargetkan Hizbullah dan warga sipil Lebanon yang menggunakan pager genggam.

Masih belum jelas saat ini bagaimana perangkat komunikasi yang digunakan di Lebanon itu direkayasa agar meledak.

Pasukan keamanan internal Lebanon mengatakan, sejumlah perangkat komunikasi nirkabel diledakkan di seluruh Lebanon, terutama di pinggiran selatan Beirut, benteng Hizbullah. 

Baca juga: Israel Nyatakan Fase Baru Perang di Lebanon, Netanyahu Janji Pulangkan Warga ke Utara

Adapun pager yang meledak adalah model terbaru yang dibawa oleh Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir, kata tiga sumber keamanan.

Menurut laporan Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad serangan siber tersebut setidaknya  telah menewaskan lebih dari 30 orang.

Sementara lebih dari 3.200 orang mengalami luka-luka.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini