News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Momen Megawati Tanam Pohon Platanus Orientalis di Taman Sukarno Uzbekistan

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menanam pohon Platanus Orientalis, tamanan khas Uzbekistan di Taman Sukarno di kompleks Universitas Silk Road Internasional, Samarkand, Uzbekistan, pada Sabtu (21/9/2024) waktu setempat.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda


TRIBUNNEWS.COM, UZBEKISTAN - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menanam pohon Platanus Orientalis, tamanan khas Uzbekistan di Taman Sukarno di kompleks Universitas Silk Road Internasional, Samarkand, Uzbekistan, pada Sabtu (21/9/2024) waktu setempat.


Menteri Ekologi, Perlindungan Lingkungan, dan Perubahan Iklim Uzbekistan sekaligus Rektor Universitas Silk Road Internasional, Aziz Abdukhakimov tampak mendampingi Megawati dalam proses penanaman pohon tersebut.


Prosesi penanaman pohon tersebut dilakukan usai Megawati menerima penganugerahan gelar profesor kehormatan bidang Pariwisata Budaya Berkelanjutan (Sustainable Cultural Tourism) dari Universitas Silk Road Internasional

Baca juga: Megawati Kunjungi Rusia dan Uzbekistan, BPIP: Perkenalkan Pancasila Kepada Dunia


Awalnya, Megawati beserta rombongan diajak oleh RektoeeAziz beserta civitas Universitas Silk Road Internasional berkeliling kampus.


Kemudian, Megawati diajak oleh Aziz menuju Taman Sukarno yang terletak di salah satu sisi bagian kampus. Turun dari buggy car golf, Megawati pun diarahkan ke salah satu pelakat bertuliskan tentang keterangan Taman Sukarno tersebut.


Pelakat tulis bertuliskan dalam tiga bahasa, yakni Uzbekistan, Indonesia dan Inggris. 


“Taman Sukarno, sebagai pengakuan atas kontribusi besar Presiden Sukarno terhadap pengembangan pariwisata agama dan budaya di Uzbekistan.”


Megawati bersama Aziz pun langsung menuju salah satu sudut taman untuk melakukan proses tanam pohon. 


Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini pun melakukan proses tanam pohon. Sekop pun dipegang Megawati, dan mulai menanam pohon.


Aziz pun menerangkan bahwa pohon Platanus Orientalis ini bisa tumbuh hingga 300-500 tahun. 

Baca juga: Megawati untuk Kali Ketiga Diganjar Gelar Profesor Kehormatan, Kali Ini di Uzbekistan


“Ini bisa tumbuh sampai 300 tahuhan lebih, Bu Megawati,” kata Aziz. 


Megawati pun melanjutkan proses menanam pohon dengan menyiram tanaman secara simbolis. 


Adapun mendampingi Megawati dalam proses penanaman pohon ini diantaranya,  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dan Guru Besar Fakultas Hubungan Internasional Universitas St.Petersburg, Connie Rahakundini Bakrie.


Dari unsur internal PDIP, tampak Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri Ismail dan Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata, S.B. Wiryanti Sukamdani.


Terlihat juga Wakil Kepala BRIN Amarulla Octavian dan Wakil Kepala BPIP Rima Agristina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini