News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Alumni Universitas IPB Terpilih Jadi Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang 2024-2025

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI Jepang)menggelar Kongres ke XLIV di Fukuoka secara hybrid dengan salah satu agenda adalah memilih ketua umum periode 2024-2025 yang digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu (21-22 September 2024). Alumni IPB Prima Gandhi terpilih sebagai Ketua Umum PPI Jepang yang baru.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI Jepang) menggelar Kongres ke XLIV di Fukuoka secara hybrid dengan salah satu agenda adalah memilih ketua umum periode 2024-2025 yang digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu (21-22 September 2024). Alumni IPB Prima Gandhi terpilih sebagai Ketua Umum PPI Jepang yang baru.

“Semoga satu ke depan PPI Jepang dapat berkontribusi untuk mempererat  kerja sama Indonesia dan Jepang  ! Tentunya kontribusi PPI Jepang tidak bisa lepas dari dukungan pers seperti media  Tribunnews yang ada di Jepang,” ungkap Gandhi khusus kepada Tribunnews.com Senin ini (23/9/2024).

Prima Gandhi terpilih sebagai ketua umum PPI Jepang periode 2024-2025 setelah memperoleh suara lebih banyak dari kandidat ketua umum lainnya dan ia menggantikan Fadlyansah Farid, yang dinyatakan demisioner setelah laporan pertanggung jawabannya diterima peserta Kongres.

Kongres PPI Jepang diselenggarakan sebagai proses kaderisasi dalam menjaga keberlanjutan roda organisasi. 

Baca juga: PPI Jepang: Hentikan Revisi UU Pilkada, Minta Pemerintah Indonesia Kembalikan Supremasi Demokrasi

Selain memilih ketua umum, dipilih juga ketua Badan Pengawas serta membahas AD ART PPI Jepang. Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI Jepang) mempunyai sejarah yang Panjang sejak berdiri 24 Juni 1953. 

Per Desember 2023, terdapat 7,741 Warga Negara Indonesia yang berstatus pelajar di Jepang. Saat ini terdapat 9 Korda dan 49 Komisariat/Universitas.

Dalam kampanyenya, pria yang akrab disapa Gandhi membawa slogan PPI Jepang HADIR (Harmonis, Adaptif, dan Responsif).

Dalam kepengurusan satu tahun kedepan, Gandhi ingin membawa PPI jepang lebih bermanfaat untuk pelajar, pemerintah dan diaspora Indonesia di Jepang.  

Beberapa program kerja yang akan dilakukan adalah Annual Scientific Symposium of Indonesian Collegians in Japan ke 8, Indonesian Art Festival, PPIJ Healing, #PPIJBersuara , Pintu Nihon, PPIJ Satu dan Pelajar Hadir.

Untuk program terakhir Pelajar Hadir  yaitu program menuliskan kritik, ide dan gagasan dari pelajar Indonesia di Jepang di media cetak.  

Untuk menjalankan program ini akan dilakukan pelatihan menulis opini dan artikel di media massa. Menulis opini penting agar anggota PPI Jepang baik tingkat korda dan komsat menjadi mitra kritis konstruktif bagi kemajuan Indonesia. 

Inspirasi program ini didapat dari kebiasaan pendiri bangsa seperti Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Achmad Soebarjo yang sering menulis artikel bernas ketika berkuliah di luar negeri dalam rangka mengusahakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Gandhi sendiri merupakan Dosen Manajemen Agribisnis Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB University) yang sedang berkuliah Doktoral tahun ke dua di Graduate School of International Food and Agricultural Studies, Departement of Agricultural Economics, Tokyo University of Agriculture. 

Saat ini Gandhi mendapakan beasiswa Nodai special exchange student dari Jepang. Sebelumnya Gandhi menempuh pendidikan Master dan Sarjana di IPB University. 

Baca juga: Sosok Prof Dadan Hindayana Kepala Badan Gizi Nasional, Dosen IPB. Pernah Bongkar Kerawanan Pangan

Pria alumni SMA Negeri 3 Jakarta ini hobi membaca, menulis, berdiskusi dan berorganisasi. Sejak sekolah menengah pertama (SMP) Gandhi aktif diberbagai organisasi seperti OSIS, ROHIS, Himpro Miseta IPB, DPM IPB, KNPI, HKTI, Karang Taruna, ICMI, HMI, KAHMI dan HA IPB. 

Sebagai buah dialektika dari menjalankan hobi dan berorganisasi, pria keturunan Minang ini telah menghasilkan karya berupa 14 buku sebagai Penulis, 12 buku sebagai editor, 20 Jurnal ilmiah, dan 77 artikel populer di media cetak ternama di Indonesia.

Atas dasar inilah Gandhi berkeinginan meningkatkan kemanfaatan diri dengan karya-karya nyata di PPI Jepang dan terlibat mensukseskan kaderisasi serta mewujudkan visi misi PPI Jepang. Tentunya dalam memimpin PPI Jepang, Gandhi mendapatkan dukungan penuh dari istrinya dr.Febriani dan kedua anaknya.

Sementara itu bagi para pengusaha UKM Handicraft Indonesia dan pecinta Jepang   dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dan Handicraft dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang/Handicraft. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini