News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Mantan Menteri Pertahanan Israel Mengakui Tentara Israel Kini Tidak Lagi Bermoral

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang bocah Palestina membentangkan tangan dengan simbol victory ke arah konvoi pasukan Israel dalam operasi militer selama 18 jam di Jenin, Tepi Barat, Kamis (25/9/2024).

Mantan Menteri Pertahanan Israel Mengakui Tentara Israel Tidak Lagi Bermoral

TRIBUNNEWS.COM- Mantan menteri pertahanan, Moshe “Bogie” Ya'alon mengatakan tentara Israel 'tidak lagi bermoral'.

Moshe Ya'alon khawatir eksekusi warga Palestina oleh tentara Israel akan menjadi hal yang biasa karena semakin banyak pemukim religius yang bergabung dengan tentara Israel,

Moshe “Bogie” Ya'alon, mantan menteri pertahanan dan kepala staf Israel, menyatakan bahwa tentara Israel bukan lagi tentara yang bermoral.

Dan ia khawatir eksekusi warga Palestina oleh tentara Israel mungkin terjadi, Channel 14 melaporkan pada tanggal 25 September.

Ya'alon, yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan dari tahun 2013 hingga 2016 di bawah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menyampaikan komentar tersebut selama pidato yang disampaikannya minggu ini di sebuah forum personel angkatan laut cadangan.

Dia menyatakan tidak ada alasan mengapa perekrutan pemukim agama Yahudi ke dalam tentara, yang dikenal sebagai “Pemuda Puncak Bukit,” yang sering membunuh warga Palestina untuk mengusir mereka dari tanah mereka di Tepi Barat yang diduduki, tidak akan juga “mengeksekusi” warga Palestina yang berseragam tentara Israel.

Tentara Israel dan pesawat tak berawak di Gaza telah secara teratur mengeksekusi warga sipil Palestina dengan kejam sejak dimulainya perang pada 7 Oktober tahun lalu.

Dalam percakapan yang sama, Ya'alon mengklaim bahwa dialah yang mencegah upaya sebelumnya untuk membunuh kepala militer Hamas, Muhammad Deif, dan pendiri Hamas, Sheikh Ahmed Yassin ketika pejabat senior Hamas berada di apartemen yang sama karena dia tidak ingin orang-orang yang tidak bersalah terluka.

Militer Israel mengklaim telah membunuh Deif dalam serangan udara pada bulan Juli yang menewaskan sedikitnya 90 orang dan melukai 300 orang di Al-Mawasi, sebuah “zona aman” yang ditetapkan Israel di sebelah barat Khan Younis.

Yassin, seorang lumpuh, dibunuh oleh Israel pada tahun 2004 saat ia didorong dengan kursi rodanya keluar dari sesi salat subuh di Kota Gaza. Sebuah helikopter Apache Israel menembakkan rudal Hellfire ke Yassin, menewaskan dirinya, dua pengawalnya, dan sembilan orang yang lewat. 

Pada tahun 2017, Ya'alon menentang eksekusi seorang pria Palestina oleh seorang tentara Israel. Tentara tersebut menembak kepala pria Palestina tersebut dari jarak dekat lama setelah pria tersebut berhasil ditundukkan setelah berupaya menikam tentara Israel lainnya.

Sambil mengutuk eksekusi tersebut, Ya'alon juga membanggakan , “Hampir tidak ada pejabat senior pemerintah dan anggota Knesset yang harus membunuh lebih banyak daripada saya.”

Dalam komentarnya di forum minggu lalu, Ya'alon juga mengatakan bahwa para pemimpin pemukim agama di pemerintahan Israel saat ini berusaha untuk "memindahkan," atau membersihkan etnis, warga Palestina dari Tepi Barat dan Gaza.

Gerakan pemukim religius telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemerintahan Perdana Menteri Netanyahu melalui Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir dan Bezalel Smotrich. 

Keduanya telah menyatakan keinginan mereka untuk membersihkan Tepi Barat dan Gaza dari warga Palestina dan mencaplok tanah Palestina untuk pemukiman Yahudi.

Mantan menteri pertahanan tersebut menyatakan lebih lanjut bahwa para pemimpin pemukim agama di pemerintahan berusaha untuk memicu perang apokaliptik yang diduga dinubuatkan dalam kitab suci Yahudi yang dikenal sebagai pertempuran "Gog dan Magog."

 


SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini