News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Claudia Sheinbaum Dilantik sebagai Presiden Perempuan Pertama Meksiko

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Claudia Sheinbaum. Ilmuwan iklim berusia 62 tahun dan mantan wali kota Mexico City, Claudia Sheinbaum akan menjabat presiden selama 6 tahun, yang berakhir tahun 2030.

TRIBUNNEWS.COM - Claudia Sheinbaum telah dilantik sebagai presiden wanita pertama Meksiko, Selasa (1/10/2024).

Dikutip dari Los Angeles Times, Sheinbaum dikenal sebagai seorang ilmuwan iklim, yang terjun dari dunia akademis ke dunia politik yang penuh gejolak.

"Sekarang adalah waktunya transformasi, sekarang adalah waktunya perempuan," kata Sheinbaum, dikutip dari Al Jazeera.

Sheinbaum mengambil alih jabatan dari presiden yang akan lengser – dan sekutu dekat partai Morena – Andres Manuel Lopez Obrador.

Ilmuwan iklim berusia 62 tahun dan mantan wali kota Mexico City ini akan menjabat selama enam tahun, yang berakhir pada tahun 2030.

Sheinbaum diambil sumpah jabatannya di hadapan para anggota parlemen, sementara para pendukungnya meneriakkan "Presiden! Presiden!" dan "Hidup Meksiko!"

Ia menjabat saat partainya memegang kendali mayoritas di majelis rendah legislatif, dan hampir sama di Senat, dan segera berupaya meyakinkan investor, dengan mengatakan bahwa investasi akan aman di Meksiko.

Pada akhir November mendatang, ia akan menyampaikan anggaran pertama pemerintahannya.

Kemungkinan agenda tersebut akan memberikan petunjuk apakah Sheinbaum dapat memenuhi komitmennya untuk mengurangi defisit fiskal negara yang makin melebar, sambil tetap mempertahankan pengeluaran kesejahteraan rakyat dan inisiatif pemberantasan kejahatan yang mahal.

Tugas itu muncul pada saat ekonomi Meksiko, yang merupakan ekonomi terbesar kedua di Amerika Latin, diperkirakan hanya akan mengalami pertumbuhan yang sederhana.

Kebangkitan Politik Meksiko

Pelantikan Sheinbaum merupakan puncak kebangkitan politik Meksiko selama empat dekade, yang ditandai dengan pemilihannya yang bersejarah sebagai wanita pertama yang memimpin Mexico City.

Sheinbaum, putri aktivis akademis , juga condong ke arah sifat pembuat sejarah dari kepresidenannya.

Baca juga: Wali Kota Wanita Tewas Ditembak, Sehari setelah Claudia Sheinbaum Terpilih sebagai Presiden Meksiko

Dalam unggahan di media sosial pada hari Senin (30/9/2024), ia mengungkap logo yang memperlihatkan seorang wanita muda mengibarkan bendera Meksiko, rambutnya dikuncir kuda.

Gaya rambut tersebut telah menjadi semacam ciri khas Sheinbaum.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini