News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Benjamin Netanyahu Nyatakan Israel Wajib Balas Serangan Iran, Begini Katanya

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Benjamin Netanyahu Nyatakan Israel Wajib Balas Serangan Iran, Begini Katanya

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pesan rekaman pada tanggal 5 Oktober di mana ia berjanji untuk menyerang balik Iran atas serangan balasan besar-besaran yang menghantam beberapa pangkalan militer Israel awal minggu ini.

"Iran sudah dua kali melepaskan tembakan, dan kami telah mencegat ratusan rudal dari serangan rudal balistik terbesar dalam sejarah. Tidak ada negara di dunia yang akan menerima serangan seperti itu, dan Israel pun tidak, dan kami akan menanggapi serangan ini," kata perdana menteri saat pesawat tempur Israel terus menghujani infrastruktur sipil di seluruh Lebanon .

Netanyahu mengklaim bahwa selama beberapa minggu terakhir tentara mulai memenuhi janji yang saya berikan kepada penduduk utara. 

"Kami melenyapkan [kepala Hizbullah Hassan] Nasrallah dan eselon atas Hizbullah … Meskipun kami belum menyelesaikan penyingkiran ancaman, kami telah dengan jelas mengubah arah perang dan keseimbangan perang – hingga senjata kami masih terentang.”

Perdana Menteri Israel, yang menghadapi tuduhan kejahatan perang dan genosida dari Mahkamah Pidana Internasional (ICC), menekankan bahwa negaranya bertekad untuk membela diri terhadap ancaman apa pun. 

Termasuk ancaman dari Iran, yang berada di balik semua serangan terhadap kami — dari Gaza, dari Lebanon, dari Yaman, dari Irak dan Suriah — dan tentu saja, dari Iran sendiri."

Sebelumnya pada hari itu, otoritas militer di Tel Aviv mengumumkan bahwa respons terhadap pembalasan Iran atas pengeboman Israel di wisma kepresidenan di Teheran pada bulan Juli akan menjadi " serius dan signifikan ," dan bahwa Iran mencurahkan banyak waktunya untuk merencanakannya.

Di bagian lain pidatonya, Netanyahu menyindir Presiden Prancis Emmanuel Macron , yang mengatakan pada hari Sabtu, 

“Saya pikir hari ini, prioritasnya adalah kita kembali ke solusi politik, kita berhenti mengirim senjata untuk berperang di Gaza,” seraya menambahkan bahwa Prancis tidak mengirim senjata apa pun ke Israel.

"Saat Israel memerangi kekuatan barbarisme yang dipimpin Iran, semua negara beradab seharusnya berdiri teguh di pihak Israel. Namun, Presiden Macron dan pemimpin Barat lainnya kini menyerukan embargo senjata terhadap Israel. Mereka sungguh memalukan," kata Netanyahu menanggapi .

Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat memperingatkan Israel agar tidak menyerang fasilitas minyak Iran, sehari setelah ia mengatakan Washington sedang "membahas" tindakan tersebut.

"Jika saya berada di posisi mereka, saya akan memikirkan alternatif lain selain menyerang ladang minyak," kata Biden. Gedung Putih sebelumnya mengatakan tidak mendukung serangan Israel terhadap program nuklir Iran.

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei pada hari Jumat menyatakan bahwa “kesabaran strategis Republik Islam telah berakhir, dan mendesak semua negara Muslim untuk “mengencangkan ikat pinggang pertahanan dari Afghanistan hingga Yaman, dari Iran hingga Gaza dan Lebanon.” 

“Setiap negara memiliki hak untuk membela diri,” tegasnya, seraya menambahkan bahwa “tindakan Israel telah meningkatkan kemarahan Poros Perlawanan dan memperkuat tekadnya.”

 


SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini