News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Istana Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di MPR 20 Oktober

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Istana Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di MPR 20 Oktober

"Insyallah datang, jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan, so pastilah, Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," kata Mensesneg Pratikno di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

Pratikno mengatakan Joko Widodo akan meninggalkan gedung MPR lebih dulu menuju Istana Merdeka. Setelah itu, Prabowo akan menyusul untuk acara pisah-sambut.

"Nah, karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah-sambut ya, jadi setelah pelantikan di DPR rencananya presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo Subianto menyusul untuk acara pisah-sambut," ujarnya.

Tak ada aturan presiden wajib datang

Pratikno mengatakan tidak ada aturan kewajiban presiden datang ke MPR saat pelantikan presiden baru. Dia mengatakan sudah menjadi tradisi bagi presiden petahana hadir dalam pelantikan presiden baru.

"Jadi kalau aturan sih nggak ada, tapi selama ini kan juga hadir, pada waktu 2014 Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir, jalan dulu masuk kemudian disusul oleh presiden terpilih Pak Jokowi dan Wapres Pak Jusuf Kalla, biasa kan di depan seperti 2014 dulu, jadi ada presiden dan presiden terpilih, wapres dan wapres terpilih setelah pelantikan ganti posisi," ujarnya.

Jokowi Sudah Mulai Berkemas Jelang Pensiun

Mesesneg Pratikno menyebutkan Jokowi sudah mulai berkemas barang, baik yang di Istana Negara maupun di Istana Bogor

"Aduh, packing 'pening kepala', katanya. Sudah packing, sudah mulai packing," kata Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

Pratikno mengatakan sejumlah barang yang dikemas adalah foto hingga buku dan barang lain. Sambil berkelakar, Pratikno bercerita sempat meminta koleksi batik Jokowi.

"Banyak, ada foto, ada buku, ada segala macam kan. Saya aja minta sama presiden, itu koleksi bapak batik bagus-bagus, saya lihat di setiap acara batiknya Pak Presiden itu kan relatif sering ganti ya, saya juga berminat, Pak, saya minta satu," ujarnya.

Pratikno tidak menyebutkan sejak kapan Jokowi mulai berkemas. Ia mengatakan barang yang dikemas dikirim ke Solo.

"Ya namanya kan pindah," ujar Pratikno saat ditanya sejak kapan Jokowi berkemas.

"(Dikirim) ke Solo," lanjut Pratikno.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini