News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Netanyahu Didukung Amerika Serikat, Ancam Lebanon Akan Dibuat Hancur dan Menderita Seperti Gaza

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Cuplikan video Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat presentasi dalam konferensi pers pada Senin (2/9/2024), ia menggunakan peta Israel tanpa memperlihatkan Tepi Barat sebagai wilayah negara Palestina.

Dengan Dukungan AS, Netanyahu Ancam Lebanon Akan Dibuat Hancur dan Menderita Seperti Gaza

TRIBUNNEWS.COM-  Dengan dukungan AS, Netanyahu ancam Lebanon dengan 'kehancuran dan penderitaan seperti Gaza'.

Pejabat AS dan Uni Eropa dilaporkan telah menutup pintu perundingan gencatan senjata untuk Lebanon.

Dengan harapan bahwa krisis yang terus bertambah dapat memicu pergolakan terhadap perlawanan Lebanon dan sekutunya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada tanggal 8 Oktober menyerukan kepada rakyat Lebanon untuk membebaskan [negara mereka] dari Hizbullah, dan mengancam Lebanon dengan kehancuran dan penderitaan jika mereka menolak untuk melakukannya.

"Anda memiliki kesempatan untuk menyelamatkan Lebanon sebelum negara itu terjerumus ke jurang perang panjang yang akan mengakibatkan kehancuran dan penderitaan seperti yang kita lihat di Gaza. Tidak harus seperti itu," kata Netanyahu saat angkatan udara negaranya terus melancarkan serangan tanpa henti di Lebanon.

“Kami telah melemahkan kemampuan Hizbullah; kami berhasil melumpuhkan ribuan, termasuk [Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan] Nasrallah sendiri, dan pengganti Nasrallah, serta pengganti penggantinya,” tambah perdana menteri Israel tersebut sebelum menyerukan kepada rakyat Lebanon untuk merebut kembali negara kalian, dan mengembalikannya ke jalan yang damai dan sejahtera.”

Pidato Netanyahu disampaikan pada hari yang sama ketika juru bicara Pentagon Sabrina Singh mengonfirmasi bahwa Washington mendukung kampanye perang brutal Israel di Lebanon.

“Kami mendukung Israel yang menargetkan Hizbullah Lebanon,” kata pejabat AS tersebut, seraya menambahkan bahwa Israel memiliki hak untuk menanggapi dan menargetkan Hizbullah Lebanon dengan cara yang, tentu saja, mempertimbangkan warga sipil di wilayah tersebut.”

Komentar Singh muncul sehari setelah CNN melaporkan bahwa Gedung Putih tidak secara aktif berusaha menghidupkan kembali kesepakatan [gencatan senjata] dan telah mengundurkan diri untuk mencoba membentuk dan membatasi operasi Israel di Lebanon dan terhadap Iran daripada menghentikan permusuhan.

Demikian pula, sebuah laporan yang diterbitkan oleh harian Lebanon Al Akhbar pada hari Selasa mengungkapkan bahwa pejabat AS dan Uni Eropa telah “menutup pintu” pada setiap negosiasi diplomatik yang dapat mengakhiri serangan Israel di Lebanon, dan secara aktif berupaya untuk mengobarkan ketegangan sosial.

"Baru-baru ini, Prancis berupaya untuk memulai inisiatif gencatan senjata tetapi menemui veto Eropa, yang diperoleh oleh Jerman dengan dalih bahwa 'tidak ada yang ingin berunding dengan Lebanon,'" situs berita Arab tersebut melaporkan.

Seraya menambahkan bahwa sumber yang dekat dengan Perdana Menteri sementara Najib Mikati dan Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri menyatakan bahwa masyarakat internasional telah memutuskan untuk memberi Israel cukup waktu untuk melenyapkan Hizbullah dan sekutunya di Lebanon."

Upaya Barat untuk memicu pertikaian sipil di dalam negeri termasuk mengabaikan pemberian bantuan kepada pemerintah yang tengah berjuang untuk memenuhi kebutuhan lebih dari satu juta warga Lebanon yang mengungsi dan memerintahkan kepala Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) Jenderal Joseph Aoun untuk tidak membuka kembali perbatasan utama negara itu dengan Suriah, yang dihancurkan Israel pada awal kampanye perangnya.

“Para pengamat mengklaim bahwa Aoun mengutamakan kepentingan pribadi di atas kebutuhan kritis negara, tunduk pada tuntutan AS lebih dari sebelumnya,” lapor Al Akhbar .

Selama beberapa tahun terakhir, Aoun telah menjadi pilihan utama kekuatan barat untuk dilantik sebagai presiden Lebanon, sebuah posisi yang masih kosong sejak 2022.


SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini