News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Pemerintah Kembali Evakuasi WNI dari Lebanon, 14 Orang Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebanyak 14 warga negara Indonesia (WNI) kembali berhasil dievakuasi dari zona konflik di kawasan Timur Tengah, Lebanon. Evakuasi 14 WNI yang masuk gelombang keenam ini sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 14 warga negara Indonesia (WNI) kembali berhasil dievakuasi dari zona konflik di kawasan Timur Tengah, Lebanon.

Evakuasi 14 WNI yang masuk gelombang keenam ini sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Kamis, 10 Oktober 2024.

“Pada tanggal 9 Oktober 2024, sejumlah 14 WNI dievakuasi dari Lebanon dan tiba dengan selamat di tanah air pada tanggal 10 Oktober 2024,” kata Direktur Perlindungan WNI (PWNI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha kepada wartawan, Jumat (11/10/2024).


Judha menjelaskan evakuasi gelombang keenam WNI dilakukan lewat jalur udara dengan rute penerbangan Beirut menuju Jakarta dengan titik transit di Jeddah, Arab Saudi dan Dubai, Persatuan Emirat Arab.

Dari 14 WNI tersebut, 10 orang adalah laki-laki dan 4 orang perempuan.

Mereka berasal dari daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. 

Selepas tiba di Soetta, para WNI langsung dipulangkan ke daerah asalnya dengan dukungan kementerian/lembaga dan instansi terkait.

“Pasca-ketibaan tersebut, para WNI dipulangkan ke daerah asalnya dengan dukungan dari kementerian/lembaga/instansi terkait,” ungkapnya.

Atas kepulangan ini, total sudah ada 79 WNI dan satu WNA yang berhasil dievakuasi oleh pemerintah sejak Agustus 2024. 

Lima gelombang evakuasi sebelumnya telah dimulai sejak 10 Agustus, 18 Agustus, 28 Agustus, dan teranyar pada 2 dan 3 Oktober 2024. Evakuasi gelombang pertama, kedua dan ketiga ini berjumlah 25 orang. Mereka dievakuasi melalui jalur udara. 

Kemudian sebanyak 40 WNI tiba dengan selamat ke tanah air, usai menempuh perjalanan udara dari Amman, Yordania yang terbagi dalam dua gelombang evakuasi, berangkat dari Beirut sejak tanggal 2 dan 3 Oktober 2024.

Mereka tiba di Indonesia pada hari yang sama, Senin (7/10/2024).

Adapun 40 WNI dan satu orang warga negara Lebanon merupakan 26 laki-laki dan 15 perempuan.

Mereka berasal dari beberapa daerah di Indonesia, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali.

Mereka yang ikut evakuasi ini tiba di Indonesia usai menempuh proses panjang dan kompleks mulai dari perjalanan darat dari Lebanon ke Suriah, Suriah ke Yordania, dan perjalanan udara dari Yordania ke Indonesia.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini