News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Emoji, Phablet, dan Selfie, Masuk Kamus Bahasa Inggris Oxford

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM – "Emoji"? "Phablet"? Apa pula yang dimaksud dengan "selfie"?  Untuk mereka yang belum mengetahui arti kata-kata baru yang muncul dari dunia teknologi tersebut, jawabannya bisa ditemukan di kamus online bahasa Inggris Oxford Dictionary karena mereka telah secara resmi ditambahkan ke sumber referensi itu.

Di sana, emoji didefinisikan sebagai gambar digital kecil atau icon yang digunakan untuk mengekspresikan ide atau emosi dalam komunikasi elektronik.

Phablet adalah smartphone yang ukuran layarnya berada di antara komputer tablet dan smartphone lain pada umumnya. Sementara, selfie adalah gambar diri sendiri yang biasanya diambil dengan smartphone atau webcam untuk diunggah ke media sosial.

Kata-kata lainnya yang juga baru ditambahkan termasuk "hackerspace", "bitcoin", dan istilah dalam percakapan sehari-hari di internet seperti akronim "TL; DR" (too long, didn't read), "BYOD" (bring your own device), bahkan "srsly" (seriously).

Kata yang terakhir disebut rupanya sudah beredar sejak akhir abad ke-18 dalam sebuah panduan menulis simbol dan singkatan.

Dikutip dari CBS News, penambahan kosa kata di kamus online tersebut diumumkan oleh Oxford University Press hari Rabu (28/7/2013) kemarin. Tahun lalu, Oxford juga menambahkan sejumlah kata baru seperti "tweeps", dan "photobomb".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini