News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Opera Perkenalkan Aplikasi Terbaru untuk iPad

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Opera, perusahaan aplikasi browser internet, mengeluarkan aplikasi terbaru, yakni Opera Coast 2.0.

Dalam aplikasi khusus untuk iPad ini, Opera menanggalkan ikon O, berganti menjadi C di menu pilihan.

"Opera Coast dari segi logo sudah berbeda. Lalu penggunaannya simpel dan begitu masuk aplikasi, langsung ada speed dial," ujar Agnes Agastia, Communications Manager Opera Indonesia saat media roundtable discussion di Hummingbird Eatery, Bandung, Selasa (28/1/2014).

Logo yang berbeda, hanya ada di Opera Coast. Logo O tetap digunakan di aplikasi Opera Mini di android.

"Di menu utama juga sudah ada local content. Local content ini yang menjadi favorit dikunjungi," kata Agnes.

Agnes menjelaskan, yang terbaru di Opera Coast. Browser jenis baru untuk iPad ini, semua bagiannya dibuat untuk mengakomodasi sentuhan dan gerakan.

Tidak lagi ada tombol back maupun forward, digantikan gerakan swipe atau geser dengan sentuhan jari. Versi pertama Opera Coast dirilis pada September tahun lalu. Versi kedua ini pada Desember 2013.

Browser tentu dapat diunduh secara gratis. Untuk meraup keuntungan, Opera mengambil segmen lain.

"Di Opera Mini, kerja sama dengan operator Telkomsel, Indosat dan XL untuk data plan. Ada juga mobile advertising," ujar Agnes.

Bisnis di kerjasama operator dan mobile advertising, Agnes katakan bagus, terutama di mobile advertising. Hal ini terkait tren di kalangan konsumen yang menggunakan smartphone atau tablet.

"Mobile advertising ini sejak 2012. Dikelolanya oleh Opera Media Work, anak perusahaan yang khusus menangani mobile advertising," tuturnya.

Saat ini, browser Opera menduduki posisi kedua di dunia. Opera mini pun masih populer digunakan. Penggunaan untuk mobile pun lebih banyak digunakan ketimbang desktop.

"Opera mini punya teknologi kompresi. Ketika buka situs, data akan ke server kami dulu untuk dikecilkan. Akses jadi lebih cepat dan lebih irit kuota," ujar Agnes.

Ia mengatakan, Opera Mini di android ada pilihan untuk kompresi atau optimal. Keterbatasan kompresi, memang tampilan tidak terlalu bagus. Untuk Opera Coast, belum ada mode kompresi. (bb)

 
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini