News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Laporan Langsung dari MWC 2014 Barcelona

Nokia Ucap Selamat kepada Hacker yang Sukses Rooting Nokia X

Penulis: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Nokia XL

TRIBUNNEWS.COM, BARCELONA – Nokia X tampaknya jadi sasaran empuk bagi hacker untuk diotak-atik. Belum juga sepekan dirilis, seorang hacker sukses me-rooting ponsel Nokia yang berbasis Android itu. Dengan kepiawaiannya, si hacker itu lantas menjalankan dengan mulus layanan Google dan membuang layanan Microsoft.

Hacker yang dimaksud di sini tercatat sebagai anggota forum XDA-Developer dengan nama Kashamalaga. Dia sukses  mengubah daleman Nokia X untuk bisa mengakses Google Play Store dan Google apps dalam lima langkah sederhana. Itu artinya Nokia memang tak memproteksi OS di Nokia X secara ketat.

Dengan cara itu, Kahsamalaga mampu membuat aplikasi buatan Google seperti Gmail, Google Now, Google Maps, dan Hangouts, nongol di Nokia X versi pengembang. Tentu saja, situasi ini tak seperti yang diharapkan kubu Nokia dan Microsoft.

Microsoft sejatinya berharap Nokia X menjadi ‘alat’ yang efektif menyebarluaskan layanan miliknya. Sebut saja OneDrive, Outlook, dan Skype.

Tapi asumsi itu tak sepenuhnya benar. Nokia justru mengapresiasi langkah Kahsamalaga yang sukses me-rooting perangkat Nokia X. Lewat akun @nokiadeveloper di Twitter, Nokia mengaku senang dengan kesuksesan Kahsamalaga. ”This is awesome! Very excited to see progress is being made - we actually really like,” tulis @nokiadeveloper.

Dengan keberhasilan Kahsamalaga, hal ini mengindikasikan para hacker dapat dengan mudah menghapus sistem operasi buatan Nokia dan menggantinya dengan stock Android atau custom ROM.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini