News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ini Ide Ilmuwan untuk Menyelamatkan Dunia dari Kepunahan

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bukan rahasia lagi bahwa bumi kita tercinta ini dalam masalah serius.

Berbagai masalah global seperti menumpuknya sampah hingga menurunnya kadar oksigen yang disebabkan kebakaran hutan, membuat seakan-akan hanya tinggal menunggu waktu bagi bumi untuk mendekati ajalnya.

Namun kini, Anda mungkin harus berterimakasih kepada para peneliti dari berbagai negara.

Pasalnya, mereka ternyata menghabiskan waktunya untuk dapat memberikan solusi pada permasalahan-permasalahan tersebut.

Berikut empat masalah global yang telah ditemukan solusinya oleh para peneliti, guna menyelamatkan dunia dari kepunahan:

1. Menyedot CO2 dari udara dan mengubahnya menjadi bahan bakar

Para peneliti di Kanada telah mengembangkan sebuah perangkat yang dapat menyedot polusi CO2 langsung dari udara dan mengubahnya menjadi bahan bakar.

Penelitian ini dikembangkan oleh start-up yang bernama “Karbon Engineering” dan sebagaian didanai oleh Bill Gates. Sistem ini bekerja dengan cara menghisap CO2 dari udara, kemudian menggabungkannya dengan hidrogen untuk memisahkannya dari air (O2), sehingga terbentuk bahan bakar hidrokarbon.

2. Menggunakan Cacing Untuk Menguraikan Sampah Plastik

Pada tahun 2050 nanti, peneliti meramalkan bahwa jumlah barang plastik akan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah ikan di lautan. Jumlah tersebut sudah dikurangi dengan jumlah plastik yang ada di tempat pembuangan sampah.

Tetapi pada akhir tahun lalu, untuk pertama kalinya, peneliti menemukan bakteri di dalam usus Mealworm yang dapat dengan aman menguraikan plastik.

Bahkan, tim menunjukkan bahwa Mealworm ini bisa “hidup bahagia” dengan memakan styrofoam dan polystyrene. Hal ini menunjukkan bahwa mereka dapat digunakan untuk memecah limbah secara aman sebelum berakhir di TPA atau laut.

3. Awan Buatan

Di masa lalu, para ilmuwan menyarankan untuk memompa sejumlah besar sulfur dioksida ke atmosfer – suatu substansi yang sama seperti dengan letusan gunung berapi, dimana senyawa ini terbukti dapat menurunkan suhu planet.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini