News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Keluarga Berencana

Dulu Mafia Berkeley, Sekarang Widjojo Bapak Kependudukan

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Almarhum Prof Dr Widjojo Nitisastro

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Almarhum Prof Dr Widjojo Nitisastro ditetapkan sebagai Bapak Kependudukan Indonesia oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LDFEUI) saat Seminar Nasional Kependudukan di Jakarta, Senin (15/10/12).

Kepala Lembaga Demografi FEUI Sonny Harry Budiutomo Harmadi mengatakan, tanpa Prof Widjojo program KB dan inpresnya, serta pengendalian kependudukan, Indonesia tidak akan seperti sekarang ini.

"Prof Widjojo sebagai ekonom menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi harus disertai pengendalian penduduk," ujarnya kepada wartawan.

Senada, Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Subagyo mengatakan, keberhasilan Prof Widjojo mengangkat isu kependudukan  dalam pembangunan Indonesia di masa lalu, telah memberikan manfaat besar bagi pembangunan Indonesia.
    
"Pemikiran almarhum soal kependudukan masih relevan diaplikasikan saat ini dan menjadi sumber pengetahuan bagi para ahli dan pemerhati masalah kependudukan, dan program KB salah satu gagasan beliau," ujarnya.

Prof. Dr. Widjojo Nitisastro lahir 23 September 1927 dan meninggal di Jakarta, 9 Maret 2012 dalam usia 84 tahun adalah Menteri Indonesia yang dikenal sebagai arsitek utama perekonomian orde baru.

Ia sempat diangkat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional periode 1971-1973 dan Menko Ekuin sekaligus merangkap sebagai Ketua Bappenas pada periode 1973-1978 dan 1978-1983.

Widjojo sering dianggap sebagai pemimpin Mafia Berkeley- julukan yang diberikan kepada sekolompok menteri bidang ekonomi dan keuangan yang menentukan kebijakan ekonomi Indonesia pada masa awal pemerintahan Presiden Soeharto. (Eko Sutriyanto)

Baca artikel menarik lainnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini