News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Keluarga Berencana

Penyuluhan Tentang KB Menyasar Perempuan karena Paling Lama Ada di Rumah

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Keluarga Berencana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Bidang advokasi Pergerakan dan Informasi  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN),  Abidinsyah Siregar  M.Kes mengatakan, perempuan menjadi subyek yang tepat untuk memasyarakatkan pentingnya Keluarga Berencana (KB).

"Perempuan adalah subyek yang strategis karena paling tahu, paling lama berada di rumah dan sebagai pengatur  ekonomi. Perempuan punya otoritas," kata Abidinsyah Siregar saat Kerjasama BKKBN dengan Center fot Communication Program Johns Hopkins University di Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Ia mencontohkan di Afrika, insiden HIV/AIDS turun karena melakukan pendekatan pada kaum hawa. "Saat ini insiden kasus HIV kecil. Mereka berperan dalam pengurangannya," katanya.

Peran perempuan juga tampak dalam program Grameen Bank yang digagas Muhammad Yunus di  Pakistan dan  Bangladesh. "Ia memperkenalkan sistem simpan pinjam sehingga kaum perempuan makin baik," katanya.

Youth (remaja) juga berperan. Mereka subyek need beda dan mempunyai dunia sendiri. Komunitas strategi. Harus tau apa yang diinginkan. "Dengan masuk di lingkungan remaja, mereka akan makin paham," katanya.

Eko Sutriyanto

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini