News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Alasan Buah Apel Lokal Lebih ‘Sehat’ dari Impor

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Membandingkan buah apel lokal dan impor di supermarket, tentu saja sangat mudah. Buah apel lokal memiliki warna cenderung pucat, sementara buah apel impor cenderung berwarna cerah, menarik hati.

Namun, jangan salah. Warna terang yang dimiliki apel impor itu, ternyata berasal dari wax atau lilin yang melindungi kulit buah apel.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, lapisan lilin pembungkus kulit apel impor memang sudah bukan rahasia lagi.

"Apel impor memang pasti ada wax (lilin), karena biar awet dalam perjalanan," kata Elly di sela-sela inspeksi mendadak di salah satu hyper market di Jalan Soekarno-Hatta, Kota bandung, Kamis (21/5/2015).

Lilin pembungkus buah ini, memang tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Namun jika dalam jumlah banyak, kata Elly, tentu saja menimbulkan efek yang kurang baik untuk kesehatan. "Karena itu, kalau makan apel impor sebaiknya dikupas. Tidak bisa dicuci pakai air," ujarnya.

Selain daging, kulit apel dipercaya memiliki banyak manfaat. Dengan demikian, alangkah baik memilih apel lokal yang lebih sehat, karena tidak dilapisi lilin. "Makanya, lebih baik membeli apel lokal saja. Lebih sehat," tambah Elly.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini