News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pantang untuk Bayi Baru Lahir Diberi Minyak Penghangat

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Agar si kecil dapat tumbuh sehat dan perkembangannya pun optimal, ada sejumlah pantangan untuk bayi baru lahir yang perlu jadi perhatian.

Misalnya, bayi baru lahir memang baik jika dijemur di bawah matahari pagi. Tetapi, hindari menjemur bayi di bawah sinar matahari langsung.

Apa pula larangan untuk bayi baru lahir yang perlu Mama ketahui?

Yuk simak penjelasan Dr. Widodo Tirto, SpA, dari Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan

Berjemur di bawah sinar matahari langsung
Sekalipun baik menjemur bayi, apalagi untuk bayi yang kuning (hiperbillirubin), namun menjemurnya tak perlu di bawah sinar matahari langsung. Terkena bias cahayanya saja sudah cukup, seperti di teras rumah. Pun, waktu menjemur bayi cukup 15 menit saja, sekitar pukul 7.00—8.00.

Mengenakan sarung tangan/kaki sepanjang hari
Jika sepanjang hari menggunakan sarung tangan/kaki, si kecil tidak bisa leluasa mengembangkan kemampuan jari dan tangan/kakinya; membuka, menutup, menggerakkan jari, menggenggam sesuatu, juga merasakan sensasi taktil yang mengenai telapak tangan dan kakinya.

Jadi, boleh saja kenakan sarung tangan/kaki saat udara dingin atau sehabis mandi, setelah itu lepaskan. Pastikan kuku-kuku jarinya pendek agar tidak melukai dirinya sendiri

Minum air putih
Hingga usia 6 bulan, makanan/minuman bayi hanya ASI. Bayi tak membutuhkan air putih. Selain karena air putih bukan minuman nutritif, organ tubuhnya juga belum siap menerima air putih.

Pakai diaper terus-menerus
Mengenakan diaper alias popok sekali pakai dalam jangka waktu lama, bisa mengakibatkan bayi mengalami ruam di selangkangannya. Kondisi ini membuat bayi tak nyaman, karena gatal dan perih. Baiknya di rumah pakaikan popok kain sehingga bisa sering diganti dan setiap habis pipis bisa dibasuh sehingga dapat terhindar dari ruam popok.

Bila ingin memakaikan diaper, setiap empat jam dan setiap habis pup wajib diganti.

Memakaikan bedak
Bedak membuat pori-pori tertutup, sehingga menghambat sirkulasi keringat.

Efeknya, bayi jadi rewel karena merasa tak nyaman, selain juga bisa menyebabkan biang keringat.

Membalurkan minyak penghangat
Umumnya, orangtua memakaikan minyak penghangat pada bayinya agar tak kedinginan. Padahal, negara kita beriklim tropis. Lucunya lagi, di negara yang memiliki musim dingin dan salju, hal ini justru tidak menjadi budaya.

Perlu diingat, kulit bayi sangat sensitif sehingga pemakaian minyak penghangat dikhawatirkan membuat iritasi.

Mengenakan perhiasan
Pernah, kan melihat bayi perempuan sudah dipakaikan perhiasan? Bukan hanya anting, tapi juga cincin dan kalung. Perhisannya pun dari logam mulia, umumnya emas.

Padahal, aneka perhiasan itu rentan membahayakan si kecil. Anting yang tertarik oleh tangan si kecil bisa membuat daun telinganya sobek, atau cincin terlepas sehingga orangtua marah-marah lantaran harganya mahal. Belum lagi jika perhiasan itu menimbulkan rasa gatal di kulit bayi, lalu korengan, dan terinfeksi sehingga menjadi bengkak.

Dikelilingi bantal dan benda lain saat tidur
Baiknya saat tidur, bayi tidak dikelilingi benda-benda, seperti: bantal dan selimut, yang berisiko mencelakainya. Ingat, bayi baru lahir belum punya daya upaya.

Jadi, saat ada bantal atau selimut “terjatuh” dan menutupi mukanya, ia belum bisa menolong dirinya sendiri
untuk menghalau benda itu. Bayangkan apa jadinya jika benda itu membuat bayi susah bernapas.

Hanya karena hal-hal di atas sudah merupakan tradisi, tidak berarti Mama juga harus melakukannya. Pikirkan lagi larangan untuk bayi baru lahir ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Nakita/Gazali Solahuddin)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini