News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari Valentine

Banyak Dapat Hadiah Cokelat di Hari Valentine? Ini Dia Manfaatnya Buat Kesehatan

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dark cokelat memiliki banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan, termasuk menurunkan berat badan hingga mencegah stroke.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Cokelat bisa jadi hadiah wajib dalam rangka menyambut Hari Valentine, yang dirayakan setiap 14 Februari.

Kamu tidak perlu khawatir kalau saat ini sedang kebanjiran hadiah cokelat. Sebab, olahan biji kakao itu memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Seperti yang dirangkum pada rilis yang diterbitkan Aice Indonesia, manfaat pertama dari cokelat dapat meningkatkan suasana hati, sehingga menimbulkan kebahagiaan.

Baca: Hari Valentine Enggak Penting Lagi Buat Gracia Indri

Pada kandungan cokelat terdapat triptofan yang merupakan asam amino untuk membantu otak membuat serotonin – neurotransmitter pembuat rasa puas dan bahagia.

Kemudian, perasaan bahagia itu juga karena terdapat kandungan phenylethylalanine yang merupakan senyawa yang sama dengan yang dipoduksi otak saat jatuh cinta, serta theobromine yang berperan membentuk perasaan bahagia.

Manfaat kedua, cokelat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit dan membantu tubuh bekerja lebih baik yang sudah diteliti oleh Harvard T.H. Chan Shool of Public Health.

Berdasarkan penelitian lainnya yang dipublikasikan oleh Journal of Alzheimer’s Disease, mengonsumsi cokelat juga dapat menurunkan risiko penurunan ingatan bagi para orang tua.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini