News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dua Mahasiswi Ini Olah Bayam Jadi Camilan Sehat, Rasanya Mirip Nori, Rasanya Lebih Lezat

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KREASI BAYAM - Christina Amelia Hendrawan dan Celine Christina Handoko menunjukkan cemilan berbahan bayam karya mereka di Kampus UKWMS, Jumat (26/4/2019).

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Variasi olahan tumbuhan hijau seperti bayam tidak hanya sebagai kripik goreng, namun juga sayuran sehat yang diambil dari bubuk bayam.

Inovasi makanan sehat itu dikreasikan oleh dua mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Christina Ameli Hendrawan dan Celine Christina Handoko.

"Kami melihat variasi olahan tumbuhan sangat jarang, hanya dikalengkan, dibekukan atau dijadikan makanan tradisional. Kami memilih bubuk bayam karena zat besi lebih tinggi," kata Christina Amelia Hendrawan di UWM, Jumat (26/4/2019).

Proses pembuatan snack dari bubuk bayam harus melalui beberapa tahap, mulai dari pengolahan hingga pembentukan bubuk bayam.

Bayam mulanya diolah dalam bentuk bubuk dengan cara proses blanching dengan uap panas di suhu tertentu.

Baca: 8 Khasiat Bunga Bayam yang Jarang Diketahui, Obati Diabetes hingga Mencegah Kanker

Tumbuhan berwarna hijau tersebut kemudian dikeringkan menggunakan cabinet driyer selama dua jam kemudian diblender dan diayak untuk mendapatkan bentuk halus yang sama.

Bunga bayam memiliki banyak kandungan nutrisi yang membuatnya memiliki manfaat terduga dalam menyembuhkan penyakit seperti diabetes hingga kanker. (drfarrah.com)

"Setelah diblender kami campur dengan tapioka, air dan isolat protein kedelai tujuannya agar warna lebih cerah dan mempengaruhi kerenyahan, ini lebih renyah dan mempermudah penyerapan protein ke dalam tubuh," kata mahasiswa yang akrab disapa Amel.

Adonan tersebut kemudian dicetak bundar dengan proses resting kemudian digoreng.

Baca: Dari Telur Rebus hingga Kentang Goreng, Inilah 5 Kombinasi Menu Sehat untuk Makanan Sehari-hari

"Pembuatannya mirip dengan pembuatab snack kentang perbedaannya dari karakter produk," katanya.

Amel mengatakan rasa camilan bayam tersebut menyerupai nori (rumput laut) dan tidak terasa pahit maupun langu.

Mahasiswa yang juga menggeluti wirausaha ini mengatakan, kedepannya akan mengembangkan camilan tersebut dengan memasarkan bersama camilan lain.

"Akan saya kembangkan dari sisi kerjaz teliti masa simpannya, metode pengemasan, daya cerna produk, bioavailability zat gizi. Kalau kita langsung bilang ini lo sayur mereka ga mau makan jadi rencananya saya buka bisnis makanan lain nanti saya munculkan ini perlahan," pungkasnya.

Nur Ika Anisa

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Mengolah Bubuk Bayam Jadi Camilan Sehat, Dua Mahasiswa UWM akan Tingkatkan Nilai Jual Bayam,

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini