News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kelahiran Cucu Jokowi

Usai Jan Ethes,La Lembah Manah Lahir Operasi, Berapa Lama Selvi Ananda Pulih Usai Persalinan Caesar?

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jan Ethes ceria lambaikan tangan ke awak media, sambut kelahiran adiknya, La Lembah Manah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Selvi Ananda, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru kembali melahirkan dengan operasi caesar.

Setelah Jan Ethes lahir caesar, sang adik La Lembah Manah pun mengikuti jejak sang kakak.

Lantas, berapa lama kondisi Selvi Ananda akan pulih dari bekas operasi hingga bisa beraktivitas kembali?

Persalinan berulang menggunakan metode caesar akan menimbulkan berbagai risiko yang dirasakan si ibu karena dibukanya kembali jahitan operasi caesar yang pertama.

Ibu yang akan melahirkan pun harus kembali berhadapan dengan ruang operasi, peralatan medik, dan berbagai prosedur jelang operasi sebelum melahirkan.

Baca: Bagi Potret Gendong Jan Ethes, Jokowi Ungkap Kebahagiaaan Sambut La Lembah Manah, Cucu Ketiganya

Baca: Anak Kedua Gibran & Selvi Diberi Nama La Lembah Manah, Ini Panggilan Manis Jan Ethes untuk Sang Adik

Ilustrasi operasi caesar (scarymommy.com)

Dr. Ivander Utama SpoG yang bertugas di RSIA Bunda Jakarta dan Morula IVF Ciputat menyebutkan kalau persalinan caesar yang pertama berlangsung dengan baik, bersih dan tanpa infeksi, reaksi nyeri pada operasi kedua tidak seintens yang pertama.

“Terutama bila pemberian obat-obatan antinyerinya pada operasi optimal. Biasanya caesar kedua tidak akan memberikan rasa nyeri yang lebih intens daripada yang pertama,” ucap dr. Ivander kepada Tribunnews.com, Jumat (15/11/2019).

Baca: Bunga Mawar dari Prabowo untuk La Lembah Manah, Cucu Baru Jokowi

Keluarga Presiden Jokowi dan besan saat sambut cucu ketiga, La Lembah Manah. (Twitter/jokowi)

Namun, rasa nyeri pada persalinan caesar memang akan lebih terasa dibandingkan pertama karena adanya bekas luka caesar dari operasi sebelumnya.

Bekas luka itu jugalah yang membuat durasi operasi cesar kedua akan berlangsung lebih lama dibandingkan operasi pertama.

“Hal ini membuat operasi sesar menjadi lebih sulit, lebih lama dan membuat nyeri pasca operasi lebih intens. Tentunya nyeri ini membuat ibu lebih lama untuk pulih,” ucap dr. Ivander.

Sementara itu, jika tidak ada keluhan pasca melahirkan secara caesar biasanya pasien hanya butuh pemulihan sekitar dua sampai tiga hari untuk bisa beraktivitas produktif dan mandiri walaupun rasa nyeri pada luka masih bisa terasa hingga berbulan-bulan.

5 Fakta La Lembah Manah, Cucu Ketiga Jokowi, Punya Arti Rendah Hati & Menurut Weton Jawa Mengagumkan (Kolase TribunNewsmaker/Agus Suparto- Fotografer Pribadi Presiden Joko Widodo)

“Untuk masalah nyeri atau tidak enak pada bekas operasi, kadang masih bisa dirasakan sampai beberapa bulan tapi lambat laun akan membaik, terutama bila aktifitas fisik ibu normal,” tutur dr. Ivander.

Terakhir, dr. Ivander kembali mengingatkan pentingnya melakukan persiapan jelang kehamilan untuk melakukan persiapan prakehamilan guna memastikan kesehatan kandungan terutama untuk menilai pemulihan luka bekas sesar di rahim.

“Penting bagi ibu hamil dengan riwayat sesar untuk mendapatkan informasi yang jelas seputar tindakan sesar sebelumnya, baik dalam hal indikasi, teknik operasi, hingga kesulitan yang dialami saat sesar,” pungkas dr. Ivander.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini