News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kematian Mendadak Usai Olahraga Seperti Ashraf Sinclair Bisa Terjadi karena Penebalan Otot Jantung

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dokumentasi saat Ashraf Sinclair gym

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Kasus kematian mendadak seperti Ashraf Sinclair kerap terjadi pada mereka yang menjalankan program olahraga berat.

Banyak penyebabnya memang, satu diantaranya karena terjadi penebalan di bagian otot jantung.

Penebalan otot jantung ini memang tidak terlihat seperti penebalan otot lainnya yang biasa terjadi pada mereka yang giat olahraga.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Ario Soeryo Kuncoro menyebutkan bagi yang melakukan olahraga berat penting melakukan pengecekan kesehatan rutin.

“Kalau mau olagraga serius jangan lupa check-up menyeluruh tidak bisa lihatnya hanya tekanan darah saja tapi menyeluruh,” ungkap dr. Ario saat ditemui di Jakarta Pusar, Kamis (20/2/2020).

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Ario Soeryo Kuncoro saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020). (Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy)

Sementara itu penebalan otot jantung bisa disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi sehingga mereka yang punya hipertensi punya risiko tiga kali lipat kejadian kematian mendadak.

“Semakin tinggi tekanan darah terekspos dengan tekanan darah yang tinggi yang lebih banyak bisa menimbulkan tekanan darah,” tutur dr. Ario.

Sementara tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh gaya hidup seperti olahraga yang terlalu ekstrem maupun faktor lifestyle lainnya seperti makanan atau minuman yang dikonsumsi.

“Lifestyle dalam penebalan jantung secara gak langsung mempengaruhi karen itu kan bisa meningkatkan tekanan darah,” kata dr. Ario.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini