News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemicu Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi, Simak Penjelasan Ahli

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

gusi berdarah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gusi berdarah saat menyikat gigi termasuk masalah kesehatan gigi dan mulut yang dialami banyak orang.

Dokter gigi Putri Kumala Santi, Sp.BM menjelaskan gusi berdarah saat sikat gigi diakibatkan adanya inflamasi pada gusi.

Inflamasi atau peradangan gusi paling mudah disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel di gigi karena tidak rajin membersihkan gigi.

Baca: Agar Sikat Gigi Jadi Momen Menyenangkan untuk Si Kecil, Begini Triknya

"Sikat gigi, berdarah gingivitis atau inflamasi pada gusi alias radang gusi yang disebabkan oleh sisa makanan yang lama-lama kelamaan menumpuk," ucap drg. Putri saat live instagram bersama RS Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Makanan yang menumpuk kemudian membentuk plak gigi atau karang gigi yang menjadi tempat bersarangnya bakteri pada gusi dan gigi.

Baca: Tiga Saran dari Dokter Agar Terhindar dari Sakit Gigi Selama Pandemi Covid-19

Timbulnya karang gigi itu akan mengganggu struktur gigi termasuk sistem pembuluh darah di gusi sehingga gusi mudah berdarah saat menyikat gigi walaupun sudah sangat pelan menggosoknya.

"Bakteri mempengaruhi kondisi normal gusi jadi pembuluh darah akan berubah jadi lebih rentan, ketika terkena tekanan akan mudah berdarah ada toksin bakteri," kata drg. Putri.

Ilustrasi anak sikat gigi (freepik.com/drobotdean)

Supaya gigi bersih dan sehat drg. Putri juga mengingatkan untuk menyikat gigi dua kali sehari dan jangan sampai kelewatan sikat gigi malam.

Pastikan tidak ada sisa makanan yang menempel di gusi dengan membersihkan gigi dengan dental flosh atau benang gigi.

Baca: Bau Mulut yang Tidak Sedap Bukan Hanya Disebabkan Masalah Kesehatan Gigi

Dental flosh lebih aman dibandingkan menggunakan tusuk gigi karena ujung tusuk gigi yang runcing bisa makin mendorong sisa makanan ke dalam sela gigi.

Lalu kumur mulut dengan menggunakan cairan kumur antiseptik atau mouth wash untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang menempel.

"Kumur dengan mouth wash yang mengandung coricidin povidone-iodine, ketentuan pakai ada di kemasannya biasanya," kata drg. Putri

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini