News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gangguan Ginjal

Tips Menurunkan Demam Anak Selain Menggunakan Obat Sirup Paracetamol

Penulis: Faisal Mohay
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi demam anak. Simak beberapa tips mengatasi demam pada anak selain menggunakan paracetamol

TRIBUNNEWS.COM - Simak beberapa tips menurunkan demam anak tanpa menggunakan paracetamol.

Kasus gagal ginjal akut pada anak terus mengalami kenaikan.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan kasus gagal ginjal akut pada anak mencapai 152 orang per Selasa (18/10/2022). 

Temuan ratusan kasus itu didapatkan dari 20 provinsi di Indonesia.

Bobby Setiadi Dharmawan selaku Dokter Anak Divisi Nefrologi RSUP Fatmawati Jakarta, menjelaskan penyebab dari gagal ginjal akut pada anak belum diketahui.

"Belum diketahui penyebab pastinya. Dugaan sementara hal ini berkaitan dengan peradangan sistem organ pasca Covid-19," ujarnya dikutip dari YouTube Kompas TV, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Penjelasan IDAI soal Penggunaan Obat Sirup Paracetamol: Tak Dilarang, tapi Konsultasi dengan Dokter

Namun, ada juga dugaan kasus ini disebabkan oleh obat paracetamol anak yang mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen olglik (EG).

Hal ini berkaca dari kasus gagal ginjal akut di Gambia, Afrika Barat yang diduga terkait dengan empat obat batuk sirup paracetamol.

Sehubungan dengan terus berkembangnya ginjal akut progresif atipikal yang mayoritas menyerang usia anak di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran terkait larangan bagi apotek menjual obat jenis sirup.

Dalam surat bernomor SR.01.05/III/3461/2022 tersebut, Kemenkes juga menginstruksikan Tenaga Kesehatan (Nakes) pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/sirup sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk syrup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis Surat Edaran Kemenkes yang ditandatangani oleh Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Murti Utami, Selasa (18/10/2022), seperti dikutip Tribunnews.com.

Baca juga: IDAI Tegaskan Tak Pernah Anjurkan Stop Penggunaan Paracetamol 

Selain menggunakan paracetamol, berikut beberapa alternatif pengobatan untuk menurunkan demam pada anak, dikutip dari dinkes.kalbarprov.go.id:

1. Meminum banyak cairan

Saat demam pastikan kebutuhan cairan pada anak terpenuhi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini