News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Operasi Bypass Jantung Memiliki Tingkat Keberhasilan Tinggi dan Tingkatkan Kelangsungan Hidup Pasien

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi penyakit jantung - Penyakit jantung saat ini menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia dan setidaknya, satu dari empat kematian orang di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyakit jantung saat ini menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia dan setidaknya, satu dari empat kematian orang di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

Penyakit jantung ditandai dengan penyempitan pembuluh darah serta disebabkan penumpukan plak di dinding arteri, sehingga penyumbatan pada arteri

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Gigi Tidak Sehat Berkaitan dengan Diabetes & Penyakit Jantung

.

"Diperlukan penanganan yang cepat bagi penderita serangan jantung,” kata dokter spesialis jantung RS EMC Cikarang dr Kabul Priyantoro, Sp.JP (K), FIHA dalam Media Gathering bertemakan pelayanan peripurna: pemerataan layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah Purwabeka di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Saat ini,  prosedur Coronary Artery Bypass Grafting (CABG) atau yang biasa dikenal dengan operasi bypass jantung menjadi salah satu prosedur operasi yang diperuntukkan untuk pengidap penyakit jantung koroner.

Operasi bypass jantung adalah tindakan untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner pada pasien penyakit jantung koroner dengan mengalihkan fungsi arteri koroner yang rusak dan menggunakan cangkokan pembuluh darah baru dari organ tubuh lain.

Dengan teknologi yang semakin maju tingkat kegagalan operasi ini sudah sangat kecil dan pasien yang menjalani CABG untuk mengurangi gejala anginal dan meningkatkan kelangsungan hidup.

Usai melakukan  operasi bypass jantung maka pasien akan merasa lega di bagian dada dan tak akan lagi merasa sesak seperti sebelum operasi sehingga terbebas dari serangan jantung mendadak yang bisa mengakibatkan kematian.

Direktur Rumah Sakit EMC Cikarang dr. Reni Fitriani mengatakan, seiring adanya layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) dan asuransi kesehatan lainnya, tindakan pemasangan ring jantung gawat darurat atau Intervensi koroner perkutan primer (IKPP), sudah merupakan hal yang lazim ditemui di lapangan.

Baca juga: Ini Penyebab Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan Berisiko Stunting

"Tim medis bedah jantung RS EMC Cikarang juga telah berhasil melakukan operasi bypass jantung koroner pada sejumlah pasien pria dengan tingkat keberhasilan 100 persen," katanya.

Operasi bedah jantung terbuka tersebut dilakukan di ruangan operasi RS EMC Cikarang telah dilengkapi sejumlah alat canggih heart and lung machine yang ditujukan untuk pasien di kawasan  Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Bekasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini