News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kesehatan Mental Mampu Bantu Remaja Berinovasi dan Kritis 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan MiCE to Meet You : Dialog Road to Festival Karya Musik Anak Komunitas 2025.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ menekankan pentingnya kesehatan mental bagi remaja. 

Nova bahwa pihaknya baru saja melakukan soft launching program Youth Mental Health Center (YMHC) sebagai upaya memberikan dukungan yang komprehensif dan holistik bagi kesehatan remaja. 

"Kami berkomitmen berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna menciptakan suasana sehat fisik dan mental agar para remaja dapat berinovasi, berpikir kritis, dan memanfaatkan peluang yang ada termasuk dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Nova melalui keterangan tertulis, Senin (23/9/2024).

Hal tersebut diungkapkan oleh Nova pada kegiatan MiCE to Meet You : Dialog Road to Festival Karya Musik Anak Komunitas 2025 yang diselenggarakan Kemenparekraf. 

Program unggulan YMHC, adalah konseling, terapi, dan support group, edukasi kesehatan mental termasuk pelatihan life-skill, music therapy seperti angklung, dan sport therapy. 

Hingga layanan holistik seperti penjajakan sound healing, meditasi, yoga, pencegahan bullying, dan pencegahan bunuh diri.

"Saat ini juga kami menggandeng Inorga Federasi Airsoftgun Indonesia untuk menjadikan olahraga ini sebagai upaya kesehatan Fisik dan Mental terutama membangun mental generasi muda yang lebih tangguh," katanya. 

PKJN RSMM merupakan Koordinator Nasional Pengampuan 269 rumah sakit jejaring pengampuan kesehatan jiwa. 

"Maka PKJN RSMM harus memperjuangkan employment juga Job Club bagi pasien-pasien kami yang kondisinya sudah stabil," ucapnya. 

Seperti diketahui, kegiatan MiCE to Meet You : Dialog Road to Festival Karya Musik Anak Komunitas 2025 bertujuan untuk berbagi wawasan dan mendiskusikan beberapa hal terkait kondisi, tantangan komunitas musik saat ini. 

Selain itu, soal hilirisasi dan proses distribusi karya, serta untuk menciptakan peluang kolaborasi di masa mendatang yang sekaligus menjadi sarana bagi. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Heritage Golf Field Bogor. 

Acara ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta jajaran, Direktur Utama RS Marzoeki Mahdi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Perwakilan dari Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI), perwakilan dari UniSadhuguna International College (UIC) dan para penggiat musik anak komunitas.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga sangat mendukung PKJN RSMM dengan seluruh fasilitasnya seperti Heritage Golf Field menjadi wadah berhimpun untuk Sports Tourism, Youth Mental Health Center, pelaksanaan program Ekonomi Kreatif (diantaranya musik, lukis), dan Wellness.

RSMM sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) memiliki Lahan seluas 57 hektar. 

Heritage Golf Field sudah didirikan sejak Jaman Belanda terdiri dari 9 hole dengan sisa bunker Jepang pada Hole 4.

Baca juga: Rerie: Darurat Kesehatan Mental Remaja harus Menjadi Kepedulian Semua Pihak

Selain lapangan golf, RSMM juga memiliki indoor badminton court, 2 lapangan voli, lapangan sepak bola berstandar ukuran internasional, 2 lapangan voli, lapangan basket, dan lapangan tenis yang sedang direvitalisasi. Merupakan idaman runner luas lahan RSMM. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini