News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berhasil Ikut Andil Turunkan Angka Kemiskinan, Mensos Risma Dapat Apresiasi dari Komisi VIII DPR RI

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Ace Hasan Syadzily dan Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Sosial (Mensos) di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa (3/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Ace Hasan Syadzily mengatakan, Komisi VIII DPR RI mengapresiasi kinerja Kementerian Sosial (Kemensos) yang turut berperan dalam menurunkan angka kemiskinan. 

Menurutnya, Kemensos turut berperan dalam menurunkan angka kemiskinan Indonesia yang mana sebelum terjadi Covid-19, angka kemiskinan Indonesia sebesar 9,22 persen. Namun di tahun 2024, angka kemiskinan mampu dikurangi menjadi 9,03 persen. 

“Kami mewakili Komisi VIII DPR RI mengapresiasi Kemensos karena di tahun 2024 ini angka kemiskinan lebih rendah dibanding ketika sebelum Covid-19 terjadi,” ungkap Ace Hasan dalam keterangan persnya, Rabu (4/9/2024). 

Hal ini disampaikan Ace Hasan Syadzily dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Sosial (Mensos) di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa (3/9/2024). 

Pada rapat kerja ini, Komisi VIII DPR RI juga menyetujui usulan penambahan anggaran Kemensos pada pagu indikatif 2025. Anggaran sebesar Rp9,61 triliun diusulkan Kemensos untuk membiayai program yang belum teranggarkan, yaitu bantuan permakanan bagi lanjut usia, permakanan bagi penyandang disabilitas, serta bantuan ATENSI untuk anak yatim, piatu, dan yatim piatu (YAPI). 

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam kegiatan Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan agenda Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2025, serta pembahasan isu-isu aktual, di Ruang Rapat Komisi VIII DPR RI Gedung Nusantara II Lantai 2, Jakarta Pusat mengatakan, "Terima kasih atas dukungan bapak ibu, kami mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp9,61 triliun.” 

Sebelumnya, lanjut Mensos Risma, pada pagu indikatif 2025, terdapat tiga program yang belum teranggarkan dan beberapa kegiatan yang mengalami pengurangan alokasi anggaran. 

"Pagu indikatif 2025 Kementerian Sosial sebanyak Rp77.188.005.512.000,- atau turun 3,49 persen sekitar Rp2,79 triliun dari pagu 2024," ujar Mensos Risma. 

Baca juga: Kunjungi Suku Anak Dalam Jambi, Mensos Risma Beri Bantuan Sembako Hingga Peralatan Sekolah

Padahal selama ini, kata Mensos Risma, Kemensos banyak menemukan lansia dan disabilitas terlantar yang bahkan sampai tidak bisa melakukan apa-apa karena kondisinya. Maka dari itu, hadirnya program permakanan lansia dan disabilitas tersebut ditujukan sebagai bantuan bertahan hidup bagi mereka. 

"Karena jika tidak ada ini, jangan sampai ada lansia dan disabilitas yang meninggal karena kelaparan, ini harus kita perjuangkan," tegas Mensos Risma seraya menyebutkan anggaran program tersebut sudah diajukan, namun pagu yang disetujui tidak mengakomodasi program tersebut. 

Mensos Risma juga memaparkan beberapa program dan kegiatan Kemensos yang mengalami penurunan anggaran pada pagu indikatif 2025. Penurunan anggaran tersebut meliputi kegiatan pemeliharaan pusat data, honor dan dukungan operasional SDM PKH, Program Sembako, pengadaan alat bantu disabilitas, perbaikan sarana dan prasarana UPT, pelatihan pemberdayaan masyarakat, serta sertifikasi sumber daya kesejahteraan sosial dan akreditasi lembaga kesejahteraan sosial. 

"Jadi sebetulnya kami sudah mengusulkan cuma tidak disetujui, pagunya tidak dikasih," ucap Mensos Risma. 

Menyikapi hal tersebut, anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKB, MF. Nurhuda sempat menyayangkan pengurangan anggaran Kemensos pada pagu indikatif 2025, karena mengingat berbagai program yang tidak teranggarkan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Soal anggaran untuk SDM PKH ini kenapa ada pengurangan. Kami senang sekali kalau ibu mengusulkan kembali anggaran ini," ucap Nurhuda. 

Hal itu pun disambut jawaban oleh Mensos Risma yang mengatakan, Kemensos juga memperjuangkan untuk SDM PKH, namun porsi pagu anggaran yang diberikan kepada Kemensos belum sesuai dengan usulan yang telah dibuat sehingga diharapkan melalui DPR, usulan penambahan anggaran tersebut dapat direalisasikan. 

Nurhuda juga memberi perhatian pada program permakanan lansia dan disabilitas, yang mana program tersebut sangat penting untuk dilanjutkan. 

"Jangan sampai dihapus, karena kalau sampai ada lansia yang meninggal karena kelaparan maka bisa menimbulkan masalah baru," pungkas Nurhuda mengungkapkan pernyataan yang senada dengan yang disebutkan oleh Mensos Risma di awal pemaparan materi.

Baca juga: Agar tak Susah Cari Makan, Mensos Risma akan Buatkan Tambak Ikan untuk Suku Anak Dalam di Jambi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini