News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketua MPR RI Dukung Tim UI Supermileage Vehicle Berlaga pada Shell Eco Marathon 2025 di Qatar

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bamsoet saat menerima Tim UI Supermileage Vehicle di Jakarta, Rabu (11/9/24)

TRIBUNNEWS.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung Tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI SMV) berlaga dalam Shell Eco Marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2025 yang akan digelar tanggal 8-12 Februari 2025 di Sirkuit Internasional Lusail, Doha, Qatar. Shell Eco Marathon merupakan kompetisi yang menantang para mahasiswa perguruan tinggi di berbagai negara di dunia untuk berinovasi merancang, membangun, sekaligus menguji kendaraan hemat energi demi menjawab tantangan energi di masa depan.

"Setiap tahunnya, tim dari puluhan negara mengikuti Shell Eco Marathon. Shell Eco Marathon menjadi ajang pembuktian para mahasiswa dari seluruh dunia untuk berinovasi dan menunjukkan karya terbaik mereka dalam menciptakan kendaraan hemat energi. Terdapat berbagai kategori dalam kompetisi ini, mulai dari Challenger hingga World Championship Series yang menguji keterampilan dan kreativitas para peserta dalam menciptakan mobil inovasi mereka," ujar Bamsoet usai menerima Tim UI Supermileage Vehicle di Jakarta, Rabu (11/9/24).

Tim UI Supermileage Vehicle hadir antara lain Abdullah Iman Ramadhan, Haydar Mahdi Khalifa Fill Ardh dan Billal Pizzaro.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Tim UI Supermileage Vehicle akan menurunkan dua mobil karya mereka dalam Shell Eco Marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2025 di Qatar. Pertama, mobil listrik bernama 'Arjuna' yang terbuat dari aluminium. Memiliki bobot sekitar 81 kg, Arjuna mampu melaju hingga jarak 194.19 kilometer per kilo watt hour (km/kWh) yang mencatat rekor tertinggi di Asia.

"Mobil kedua bernama 'Nakoela'. 'Nakoela' mengusung konsep mobil berbahan bakar nitrogen. Bobot Arjuna sangat ringan, hanya sekitar 35 kg, karena material bodinya terbuat dari serat karbon. Ini kali pertamanya Tim UI Supermileage Vehicle membuat prototipe mobil berbahan bakar nitrogen," kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Alumni Doktor Ilmu Hukum UNPAD dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini memaparkan, Tim UI Supermileage Vehicle telah berdiri sejak tahun 2010. Tim terdiri dari mahasiswa.jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Arsitektur dan Teknik Komputer. Sejak tahun 2010 hingga 2023, Tim UI Supermileage Vehicle telah meraih sebanyak 41 prestasi di berbagai kompetisi, baik nasional maupun internasional.

"Pada Shell Eco Marathon Asia Pacific dan Timur Tengah 2024 yang dilangsungkan di Sirkuit Internasional Mandalika Lombok, tanggal 2 hingga 6 Juli 2024 lalu, Tim UI Supermileage Vehicle berhasil meraih tiga posisi juara. Mobil Arjuna menjadi juara kedua pada kategori Urban Regional Championship dan juara ketiga pada kategori Urban Electric Vehicle. Sementara, mobil Nakoela meraih juara keempat pada kategori Prototype Gasoline Vehicle. Kita harapkan pada Shell Eco Marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2025 di Qatar, Tim UI Supermileage Vehicle akan meraih prestasi lebih baik lagi," pungkas Bamsoet. (*)

Baca juga: Tasyakuran Ulang Tahun ke-62, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Adaptasi dan Fleksibilitas Dunia Politik

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini