News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rencana Kerja Sama Diaspora dan Pelajar LN untuk Pengembangan Pariwisata, Waka MPR: Harus Terwujud

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara pada acara bimbingan teknis bertema Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi dan Numerasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Tangerang, Banten, Kamis (26/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berharap, rencana kerja sama diaspora dengan pelajar Indonesia di luar negeri segera terwujud. Kerja sama ini dinilai sebagai langkah strategis dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. 

"Rencana untuk membangun kerja sama yang solid dengan diaspora dan pelajar Indonesia di luar negeri harus segera diwujudkan sebagai bagian dari upaya mengakselerasi pembangunan sektor pariwisata di Indonesia," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/10). 

Akhir September lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertemu dengan diaspora dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Berlin, Jerman, membahas peluang kerja sama dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air di kancah global.

Menurut Lestari, dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, diaspora dan pelajar Indonesia di luar negeri memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata. 

Catatan Kementerian Luar Negeri RI saat ini jumlah diaspora Indonesia sekitar 9 juta orang yang tersebar di 10 negara dunia. 

Baca juga: Lestari Moerdijat: Konsistensi Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman Harus Ditingkatkan

Tahun ini, ungkap Rerie, sapaan akrab Lestari, pemerintah menargetkan total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di kisaran 14 juta - 17 juta kunjungan. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS), total kunjungan wisman sepanjang paruh pertama 2024 mencapai 6,41 juta kunjungan. Jumlah tersebut meningkat 21,2 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 5,29 juta kunjungan. 

Dengan terbangun kerja sama yang baik antara diaspora, pelajar Indonesia, serta pemerintah, Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu optimistis sejumlah target yang dicanangkan di sektor pariwisata dapat tercapai. 

Baca juga: Lestari Moerdijat: Kewaspadaan terhadap Konflik Tiongkok-Taiwan Bagian dari Pelaksanaan Konstitusi

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, serta masyarakat mampu berkolaborasi dengan baik untuk mewujudkan kondisi keamanan dan kenyamanan di setiap daerah, termasuk kawasan-kawasan wisata yang ada.***

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini