News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lestari Moerdijat Ajak Tingkatkan Digitalisasi untuk Akselerasi Pertumbuhan UMKM Nasional

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada acara Sosialisasi Empat Konsensus Kebangsaan bertema Peran Muslimah dalam Memperkuat dan Mempererat Persatuan Bangsa di Gedung Nusantara V, Kompleks DPR/MPR/DPD RI Senayan, Jakarta, Jumat (6/9).

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Ri Lestari Moerdijat mengajak untuk mendorong peningkatan kualitas ekosistem digital. Sebab, upaya ini mampu mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai bagian dari upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Beragam potensi yang dimiliki sektor UMKM harus mampu diakselerasi pertumbuhannya antara lain dengan memanfaatkan digitalisasi sebagai bagian upaya adaptasi di era globalisasi," ungkap Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/10). 

Siaran pers Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan, peningkatan jumlah UMKM yang bertransformasi digital merupakan fondasi bagi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital di tanah air. 

Berdasarkan catatan itu, potensi peningkatan nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai 8 kali lipat dalam kurun waktu 10 tahun mendatang atau mencapai Rp4.531 triliun pada tahun 2030. 

Namun, hal itu harus disertai perluasan akses pasar, peningkatan kualitas SDM untuk peningkatan manajemen, kualitas, dan kuantitas produksi.

Baca juga: Lestari Moerdijat Minta Kasus Pelecehan dan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan Harus Segera Diatasi

Menurut perempuan yang akrab disapa Rerie ini, sejumlah catatan tersebut harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan sebagai bagian dari upaya untuk merealisasikan setiap potensi yang diperkirakan. 

Upaya untuk meningkatkan jumlah UMKM yang memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan usahanya, ujar Rerie, harus secara konsisten dilakukan agar mencapai pertumbuhan yang signifikan. 

Semakin signifikan jumlah pelaku UMKM nasional yang bertransformasi digital, tambah perempuan yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, kesempatan untuk mewujudkan nilai ekonomi digital nasional mencapai Rp4.531 triliun semakin besar. 

Karena itu, jelas Rerie, sejumlah persyaratan untuk mendorong sektor UMKM secara signifikan memanfaatkan digitalisasi, harus segera direalisasikan. 

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mampu merealisasikan setiap potensi yang dimiliki negeri ini, termasuk dari sektor UMKM, untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Konsistensi Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman Harus Ditingkatkan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini