News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

In Memoriam

Oscar de La Renta, Desainer Plontos Usia 82 Itu Akhirnya Berpulang Setelah Dirongrong Kanker

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Oscar de La Renta (kanan) dan rancangan busana karya dia.

Oscar de La Renta

TRIBUNNEWS.COM -  Para fashionista  dunia hari ini sedang berduka. Pasalnya seorang desainer busana paling berpengaruh di dunia, Oscar de la Renta , yang sudah tak terhitung lagi berapa jumlah selebriti, model, dan ikon dunia fashion yang pernah mengenakan pakaian karyanya, meninggal dunia di usianya yang ke 82 tahun.

Berdasarkan laporan ABC News , Oscar telah dinyatakan meninggal dunia di usia 82 tahun, Senin (20/10) waktu AS atau Selasa (21/10) waktu Indonesia. Oscar adalah seorang desainer busana yang telah ikut mempercantik penampilan dari sang ikon fashion era 1960-70-an Jackie Kennedy  hingga Jennifer Garner .

Pria kelahiran Dominika ini, sebelum meninggal dunia, sempat memamerkan karya terakhirnya, koleksi Spring 2015  dalam panggung New York Fashion Week  pada September lalu, serta sempat membuat gebrakan dengan mendesain gaun pengantin mempelai pengantin yang paling ditunggu tahun ini, Amal Clooney .

Secara mengejutkan, Oscar tampil di halaman dalam majalah Vogue  bersama istri aktor George Clooney yang  seorang pengacara berdarah Libanon itu saat sedang fitting  gaun pengantinnya. Dan pada awal Oktober lalu, Michelle Obama  sempat tampil di halaman depan sebuah harian dan menjadi headlines  saat ia mengenakan gaun karya Oscar, bersama para first ladies  termasuk Nancy Reagan , Hillary Clinton , dan Laura Bush .

Desainer busana berkepala plontos ini, sebelum meninggal dunia memang telah didiagnosa menderita kanker pada tahun 2006. Namun dalam sebuah wawancara dengan  International Business Times  pada tahun lalu, Oscar sempat berkata. dirinya telah bersih dari sel kanker dan sudah tidak menjalani lagi berbagai pengobatan.

"Dua hal yang paling realistis di dunia ini adalah hanya soal lahir, kemudian mati," ujar Oscar. "Kita selalu berpikir dan berharap dapat hidup selamanya. Tak pernah seorang pun dari kita berharap untuk terbujur sekarat. Dan satu hal yang dapat kita lakukan ketika tanda-tanda kematian telah datang adalah dengan menerima apa pun yang kita syukuri setiap hari," papar Oscar.

Bicara soal smpai kapan ia akan terus berkarya, Oscar menjawab, “Banyak orang bertanya, di usia saya sekarang kapankah saya akan pensiun? Saya pikir, setiap hari adalah proses belajar. Untuk waktu yang cukup lama aku sempat berpikir, apa kira-kira yang akan terjadi dengan merek busana saya tanpa saya. Tapi rasanya saya akan tetap menjadi desainer, untuk waktu yang lama."

Desainer busana yang telah memenangi dua kali penghargaan American Fashion Critics' Award yang diserahkan langsung oleh  Presiden Council of Fashion Designers of America  periode tahun 1973 hingga 1976 dan periode pada 1986 hingga 1988. Oscar juga meraih CFDA's Founders Award pada tahun lalu.

Selamat jalan Oscar de la Renta…

Intan Y. Septiani/ Nova

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini