News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

9 Trik Agar Belanja Online Makin Irit

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Belanja lewat internet kini menjadi alternatif belanja yang paling disukai dan dipilih banyak orang. Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan menjadi salah satu penyebabnya.

Selain transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui gawai yang tersambung ke internet, terdapat beragam produk yang terkadang sulit untuk ditemukan di pusat perbelanjaan konvensional.

Meski memberi banyak kemudahan, kehadiran toko online yang semakin menjamur juga bisa membawa dampak negatif. Apabila tidak dikontrol, berbelanja lewat online terkadang bisa menguras tabungan dengan cepat. Untuk itu, diperlukan cara cerdas agar bisa dilakukan dengan irit.

1. Punya tujuan barang dan anggaran

Tampilan gambar disebuah situs belanja online tentu menggiurkan. Apalagi ada diskon menarik yang ditawarkan. Tanpa sadar, saldo rekening pun amblas.   

Karena itu, sebelum memutuskan untuk berbelanja, buat anggaran belanja dan tentukan barang yang akan dibeli.

Hal ini sangat penting untuk mengontrol pengeluaran dan menahan diri kita agar tidak tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Namun paling penting, Anda mesti punya target terlebih dahulu dengan barang yang memang ingin dibeli.

Ketika ada diskon yang menggiurkan, coba ingat-ingat lagi, apakah barang tersebut memang diperlukan? Tanamkan dalam benak bahwa masih banyak hal lain yang jauh lebih penting, jangan sampai pengeluaran malah membengkak.

2. Pilih toko online yang terjamin

Saat ini, banyak sekali toko online yang tersebar di Indonesia. Tak jarang pula terdapat toko online abal-abal yang melakukan modus penipuan. Jangan bosan untuk luangkan waktu melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang toko online yang dituju.

Baca ulasan orang-orang yang pernah membeli barang di toko tersebut. Pastikan bahwa barang yang akan dikirim oleh mereka benar-benar memiliki kualitas yang baik.

3. Lakukan perbandingan harga

Ketika sudah punya daftar barang yang hendak dibeli, bandingkan harga dari masing-masing situs yang menjual barang incaran. Lakukan perbandingan pada harga barang, harga ongkos kirim, dan diskon yang diberikan untuk mendapat harga termurah. Jika bingung, dunakan bantuan situs pembanding harga.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini