News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari Ibu

Hari Ibu Diperingati Setiap 22 Desember, Berikut Sejarah Lengkap dan Ucapan untuk Ibu Tercinta

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Ayu Miftakhul Husna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI Sejarah Hari Ibu, Diperingati Setiap 22 Desember Lengkap Beserta Kumpulan Ucapan Kepada Ibu Tersayang

TRIBUNNEWS.COM - Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember.

Hari ibu merupakan peringatan atau perayaan yang ditujukan kepada peran seorang Ibu dalam keluarganya.

Ibu adalah sosok yang paling penting dalam sebuah kehidupan.

Dilansir dari laman Kompas.com, Kamis (19/12/2019) Hari Ibu bermula ketika adanya Kongres Perempuan pada tanggal 22 Desember 1928.

Dalam kongres tersebut  dihadiri 600 orang dari 30 organisasi dan berlangsung selama tiga hari untuk membahas beberapa isu.

Isu yang dibahas mengenai pendidikan perempuan bagi anak gadis, perkawinan anak-anak, kawin paksa, permaduan, hingga perceraian secara sewenang-wenang.

Dalam Kongres tersebut, juga membahas mengenai perjuangan peran perempuan, bukan hanya sebagai istri maupun pelayan suami saja.

Ilustrasi Sejarah Hari Ibu, Diperingati Setiap 22 Desember Lengkap Beserta Kumpulan Ucapan Kepada Ibu Tersayang (Instagram/rayabgr)

Berawal dari Kongres tersebut, persatuan dari beberapa organisasi wanita ini semakin kuat dan akhirnya tercetuslah organisasi Perikatan Perkoempolan Isteri Indonesia (PPII).

Ketika Kongres ketiga berlangsung, PPII mematangkan dan menetapkan bahwa tanggal 22 Desember, dimulainya Kongres Perempuan I pada 1928, sebagai Hari Ibu.

Pemilihan tanggal tersebut mengekalkan sejarah kesatuan pergerakan perempuan Indonesia dimulai pada 22 Desember 1928.

Presiden Soekarno juga telah menetapkan dukungan melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 bahwa Hari Ibu resmi menjadi Hari Nasional.

Ada berbagai macam cara untuk merayakan Hari Ibu, di antaranya adalah menggantikan tugas ibu di rumah, memberinya kado, maupun menyampaikan ucapan selamat Hari Ibu secara langsung atau mengirimnya lewat WhatsApp, Facebook, dan Sosial media lainnya.

Berikut kumpulan ucapan selamat Hari Ibu dirangkum Tribunnews dari greetingcardpoet, wishespoems, ideas.hallmark, Kamis (19/12/2019).

1. You’re my one and only mom, and I’ll always have a special place in my heart for you.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini