News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Susu Kental Manis di 3 Menu Omelet, Bikin Sarapan Jadi Mewah

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Bardjan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Susu kental manis dalam resep omelet bikin sarapan jadi next level.

TRIBUNNEWS.COM - Susu Kental Manis merupakan bahan serbaguna untuk melengkapi berbagai aneka resep sarapan. Tak terkecuali, susu kental manis bisa membuat  menu sarapanmu jadi next level alias makin mewah! Selain itu, membuat sarapan dengan susu kental manis sangat mudah dan cepat.

Susu kental manis juga gampang kamu temukan di sekitarmu, seperti di minimarket atau warung terdekat. Jadi, kamu tidak ribet lagi membuat sarapan–kegiatan penting untuk mengawali hari. Susu kental manis siap jadi andalan!

Nah, kamu pasti ingat kan bagaimana orang tuamu sering mengingatkan untuk sarapan sebelum beraktivitas? Ini karena sarapan sangat penting untuk kesehatan. Sarapan yang sederhana. seperti dengan susu kental manis bisa jadi sumber energi untuk beraktivitas.

Dilansir Kompas.com dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Ahli Gizi UGM Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., M.P,H., RD. menyebutkan bahwa sarapan adalah penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas hingga siang hari.

Setelah tidur 8 jam pada malam hari dan tidak makan dan minum, kadar glukosa dalam tubuh akan rendah.

"Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur makan akan lemas karena tidak akan bahan bakar yang masuk," ujarnya, Kamis (24/2/2022).

Terlebih, kini tak ada lagi alasan untuk melewatkan sarapan, sebab membuat sarapan dengan susu kental manis sangat mudah dan anti repot. Kamu akan mengetahui 3 resep omelet dengan susu kental manis yang mudah dibuat di rumah.

Sejarah susu kental manis

Sebelum membahas resep sarapan omelet dengan susu kental manis, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh sejarah perjalanan susu kental manis hingga sampai ke Indonesia.

Susu kental manis pertama kali diproduksi pada awal abad ke-19, dengan melalui proses penguapan susu dengan tekanan rendah

Penambahan gula pada proses produksi susu kental manis ini dengan tujuan sebagai pengawet alami dan menjaga tekstur kentalnya.

Pada tahun 1820, seorang penemu dari Prancis bernama Nicolas Appert terobsesi menemukan cara mengawetkan susu kental. Hingga akhirnya, dia berhasil mengawetkan susu kental di dalam botol.

Berpuluh tahun kemudian, pria di Amerika Serikat bernama Gail Borden Jr juga melakukan hal yang sama di tahun 1853. Borden berhasil mengembangkan alat yang berbentuk ketel tembaga yang disebut sebagai panci hampa udara yang mampu mengentalkan susu.

Ilustrasi susu kental manis. (Shutterstock)

Kala itu, anak-anak Borden meninggal akibat kualitas susu yang buruk dan tidak tahan lama. Borden pun mematenkan proses penguapan susu dengan tekanan rendah yang menghasilkan susu kental manis.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini