News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pentingnya Literasi Generasi Milenial soal Kenal Budaya Lewat Kebaya

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Arif Fajar Nasucha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Perwakilan Kebaya Foundation DKI Jakarta, Happy Farida Djarot (dua dari kiri) dalam konferensi pers Pengukuhan Anggota Kebaya Foundation DKI Jakarta di Kompleks Parlemen RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kecantikan dan keanggunan perempuan Indonesia dapat dilihat dari bagaimana mereka berbusana dan menunjukkan penampilan yang elegan.

Salah satu cara untuk menghadirkan kesan elegan itu adalah melalui pemakaian kebaya, sebagai salah satu busana tradisional yang dibanggakan perempuan Indonesia.

Namun di era modern ini, banyak generasi muda yang belum mengenal bahkan mencintai jenis busana satu ini.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran mereka terkait pentingnya mengenal dan mencintai budaya sendiri, satu di antaranya melalui kebiasaan memakai kebaya.

Terkait hal ini, Yayasan Kebaya Warisan Indonesia atau Kebaya Foundation mendorong pelestarian tradisi ini.

Ketua Perwakilan Kebaya Foundation DKI Jakarta, Happy Farida Djarot mengatakan bahwa pihaknya sengaja mengundang komunitas yang concern terhadap tradisi ini untuk membantu menyebarkan rasa cinta terhadap kebaya.

"Kami mengundang beberapa komunitas yang cinta, yang peduli, yang bersama-sama kita semuanya (mendorong) bagaimana kebaya itu bisa berkembang, utamanya untuk perempuan-perempuan Indonesia," kata Happy, dalam konferensi pers Pengukuhan Anggota Kebaya Foundation DKI Jakarta di Kompleks Parlemen RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Selain menggandeng komunitas, kata dia, pihaknya juga berupaya mengajak generasi muda khususnya milenial perempuan untuk ikut menggaungkan semangat ini.

Menurutnya, peningkatan literasi terhadap kaum perempuan khususnya milenial terkait busana tradisional sangat penting agar kelestarian budaya dapat terus terjaga.

Baca juga: Tanamkan Cinta Budaya Lokal Sejak Dini Lewat Kebaya Modern

"Begitu juga halnya pada saat ini kami mengundang anak-anak remaja dan milenial, karena ini penting. Tgas dan kewajiban kita tidak hanya memakai, tetapi kita juga memperkenalkan kepada anak-anak generasi muda agar mereka juga cinta dengan kebaya," tegas Happy.

Hal itu agar mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap pelestarian tradisi memakai kebaya.

"Karena mereka lah yang akan meneruskan warisan budaya untuk generasi mendatang," jelas Happy.

Istri mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat itu pun menekankan bahwa pihaknya juga akan fokus pula pada kegiatan sosial lainnya yang terkait dengan pelestarian budaya ini.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini