News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perlukah Mencuci Beras sebelum Memasaknya? Ini Kata Pakar Kuliner

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi mencuci beras. Perlukah beras dicuci? Beberapa menyebut mencuci beras dapat menghilangkan kandungan gizi di dalamnya.

TRIBUNNEWS.COM - Nasi atau beras adalah makanan pokok bagi miliaran orang di Asia dan Afrika.

Nasi juga merupakan bahan serbaguna untuk banyak hidangan ikonik dari seluruh dunia, termasuk dolmades dari Yunani, risotto dari Italia, paella dari Spanyol, dan puding nasi dari Inggris.

Terlepas dari daya tariknya yang universal, pertanyaan yang diajukan di setiap dapur, adalah apakah beras harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak.

Apa kata pakar?

Mengutip The Conversation, pakar kuliner mengeklaim, bahwa beras yang dicuci sebelumnya dapat mengurangi jumlah pati yang berasal dari butiran beras.

Hal ini dapat dilihat pada air bilasan keruh, yang menurut penelitian merupakan pati bebas (amilosa) pada permukaan gabah yang dihasilkan dari proses penggilingan.

Baca juga: Sederet Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Di kalangan kuliner, mencuci beras dianjurkan jika Anda menginginkan butiran nasi yang terpisah.

Namun untuk hidangan lain seperti risotto, paella, dan puding nasi (di mana Anda membutuhkan efek lengket dan lembut), pencucian dihindari.

Faktor-faktor lain, seperti jenis beras, tradisi keluarga, peringatan kesehatan setempat, dan bahkan waktu akan memengaruhi apakah seseorang perlu mencuci beras sebelum memasaknya.

Apakah ada bukti bahwa mencuci beras membuatnya menjadi tidak lengket?

Sebuah studi baru-baru ini di sciencedirect.com membandingkan efek pencucian terhadap kelengketan dan kekerasan tiga jenis beras berbeda dari pemasok yang sama.

Ketiga jenis tersebut adalah beras ketan, beras berbulir sedang, dan beras melati.

Jenis beras yang berbeda ini tidak dicuci sama sekali, dicuci tiga kali dengan air, atau dicuci sepuluh kali dengan air.

Berlawanan dengan apa yang akan dikatakan oleh koki, penelitian ini menunjukkan bahwa proses pencucian tidak berpengaruh pada lengket (atau kerasnya) nasi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini